Yudha, Alif Chairul (2017) Karakteristik berita investigasi karya siswa ekstrakurikuler jurnalistik SMAN 5 Kediri dengan latar umur dan kondisi motivasi berbeda / Alif Chairul Yudha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yudha Alif Chairul. 2017. Karakteristik Berita Investigasi Karya Siswa Ekstrakurikuler Jurnalistik Sman 5 Kediri dengan Latar Umur dan Kondisi Motivasi Berbeda. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata kunci kondisi motivasi umur berita investigasi Hal yang melatarbelakangi ditelitinya hasil tulisan berita investigasi siswa ekstrakurikuler jurnalistik SMAN 5 Kediri karena dalam penulisan berita banyak siswa yang tidak berpikir kritis. Siswa dalam menulis berita hanya sekadar untuk menghilangkan kewajibannya dalam menulis berita. Terlebih lagi siswa juga dikejar batas waktu sehingga siswa malas untuk mencari sumber berita. Proses berpikir kritis dibutuhkan siswa untuk menulis berita khususnya berita investigasi. Proses berpikir kritis siswa dalam menulis berita investigasi dapat dilihat melalui kondisi motivasi umur dan tulisan tersebut disesuaikan dengan ciri berita invrstigasi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil tulisan berita investigasi siswa dengan latar umur dan kondisi motivasi yang berbeda. Masalah yang diteliti meliputi faktor berpikir kritis dan ciri berita investigasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Data penelitian berupa data utamadan data sekunder. Data utama yaitu tulisan berita investigasi. Data utama diperoleh dari responden yaitu siswa SMAN 5 Kediri yang mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik. Data sekunder yaitu hasil wawancara (rekaman) yang diperoleh dari wawancara dengan siswa yang menulis berita investigasi. Subyek penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler jurnalistik SMAN 5 kediri. Dalam hal ini peneliti bertugas sebagai perencana pelaksana pengumpulan data di lapangan dan beperan pula sebagai pelapor hasil penelitian. Lokasi penelitian bertempat di SMAN 5 Kediri. Tahap pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi. (2) wawancara. (3) studi tes pemberian tugas menulis. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yakni indentifikasi kategorisasi dan sintesisasi. Hasil analisis dari penelitian ini adalah karakteristik berita investigasi siswa dilihat dari latar umur kondisi motivasi dan bentuk tulisan berita investigasi. Kondisi motivasi siswa dapat dilihat dari dua bagian motivasi berdasarkan temuan motivasi siswa dapat dilihat melalui pertama 1) motivasi intrinsik dan 2) ekstrinsik. Dengan kata lain mereka yang termasuk pada motivasi intrinsik bisa berpikir kritis melalui motivasinya atas kesadaran diri sendiri. Sedangkan siswa yang termasuk pada motivasi ekstrinsik dapat diartikan siswa tersebut belum mampu mengembangkan intelektual karena masih butuh dorongan dari luar. Kedua perkembangan intelektual siswa. Pada aspek perkembangan intelektual yang berfokus pada berpikir logis dan umur. Terdapat siswa yang mampu berpikir logis dan terdapat pula siswa yang tidak mampu berpikir logis. Hal itu diwujudkan melalui hasil wawancara yang telah diajukan peneliti. Berdasarkan indikator berpikir logis Siswa yang termasuk dan tidak termasukakan berpengaruh pada penulisan berita investigasi. Ketiga ciri-ciri berita investigasi yaitu 1)menemukan fakta baru yang diwujudkan melalui menentukan fakta utama dan fakta sekunder. Keseluruhan siswa ekstrakurikuler jurnalistik mampu menentukan fakta utama dan fakta sekunder tersebut. 2) bentuk laporan diwujudkan melalui a) observasi hal itu dapat dilihat dari tulisan berita yang menggunakan observasi dalam tulisan beritanya b) wawancara yang dilihat dari penggunaan wawancara dalam penulisan berita investigasi. c) sumberlain yang dilihat dari penggunaan sumber lain sebagai bahan pada berita investigasi. 3) metode investigasi diwujudkan melalui human trail dan material trail. Keempat perbedaan berita nvestigasi karya siswa berdasarkan latar umur dan kondisi berbeda dilihat dari kesesuaian motivasi intrinsic maupun ekstrinsik. Dengan umur dan hasil tulisan berita siswa. (1) siswa berumur 16 tahun melalui motivasi intrinsik pada karya berita investigasi lengkap (2) siswa berumur 16 tahun melalui motivasi intrinsik pada karya berita investigasi tidak lengkap (3) siswa berumur 15 tahun melalui motivasi intrinsik pada karya berita investigasi lengkap. (4) siswa berumur 16 tahun melalui motivasi ekstrinsik pada karya berita investigasi tidak lengkap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |