Nurhidayah, Ramadani Wahyu (2017) Pengembangan program literasi akademik di MA Ma'arif NU Blitar / Ramadani Wahyu Nurhidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurhidayah Ramadani Wahyu. 2016. Pengembangan Program Literasi Akademik di MA Ma arif NU Blitar. Skiripsi Program Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd (II) Dr. Martutik M. Pd. Kata Kunci literasi literasi akademik pengembangan program Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi masih rendahnya kebiasaan berliterasi di sekolah. Sesuai hasil survei lapangan didapati bahwa masih banyak sekolah yang belum menggalakkan Gerakan Literasi di Sekolah (GLS) yakni program literasi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Sesuai studi pendahuluan yaitu melalui wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia menyatakan bahwa kegiatan literasi yang dilakukan di sekolah sebatas pada pemberian tugas-tugas sekolah terkait matapelajaran sehingga jarang sekali siswa melakukan kegiatan literasi lain di luar matapelajaran. Sementara itu pentingnya dari kegiatan literasi (membaca berpikir menulis) di luar sekolah dapat menunjang kegiatan siswa di sekolah untuk meningkatkan prestasi menaikkan jenjang kelas menaikkan jenjang studi hingga belajar sepanjang hayat. Oleh sebab itu pengembangan program literasi akademik di SMA/MA sangatlah penting dan mendesak untuk dilakukan. Secara umum tujuan penelitian ini adalah mengembangkan program kegiatan literasi akademik di SMA/MA. Secara khusus tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) menghasilkan buku panduan pengembangan program literasi akademik dengan memperhatikan aspek deskripsi isi (2) menghasilkan buku panduan pengembangan program literasi akademik dengan memperhatikan aspek tampilan (3) menghasilkan buku panduan pengembangan program literasi akademik dengan memperhatikan aspek sistematika (4) menghasilkan buku panduan pengembangan program literasi akademik dengan memperhatikan aspek bahasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan. Peneliti mengadopsi tahap-tahap penelitian pengembangan Borg dan Gall. Hasil adaptasi prosedur pengembangan yaitu (1) tahap pra pengembangan (2) tahap pengembangan (3) validasi ahli (4) revisi produk awal (5) uji coba lapangan dan (6) revisi produk akhir. Uji validasi ahli dilaksanakan untuk memeroleh data berupa skor dan komentar terhadap aspek produk yang dikembangkan. Skor dan komentar mengacu pada aspek isi tampilan sistematika dan bahasa dalam buku panduan. Subjek ahli dalam penelitian ini yaitu (1) ahli literasi (2) ahli buku teks dan (3) praktisi atau guru Bahasa Indonesia serta (4) siswa kelas XI MA Ma arif NU Blitar. Jenis data yang diperoleh dari tahap uji produk yaitu data numerik dan verbal. Data numerik diperoleh dari angket uji ahli uji praktisi dan uji lapangan. Data verbal diperoleh dari komentar dan saran yang diberikan oleh subjek uji ketika tahap uji produk. Data verbal dari subjek uji kemudian ditranskrip menjadi data tulis. Angket dan pedoman wawancara digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Produk buku panduan pengembangan program literasi akademik di SMA/ MA memiliki aspek deskripsi isi tampilan sistematika dan bahasa. Berikut dijelaskan deskripsi produk yang dikembangkan. Pertama isi buku dibagi menjadi dua bagian yaitu buku panduan guru dan siswa. Kedua buku panduan tersebut memiliki esensi yang sama yaitu 1) perkenalan program literasi akademik 2) langkah-langkah kegiatan dalam program literasi akademik 3) lembar kegiatan siswa dan evaluasi. Pada buku panduan guru disusun lebih kompleks yakni disajikan petunjuk umum yang berisi pendahuluan program literasi akademik organisasi penataan materi pada buku panduan metode yang digunakan guru untuk kegiatan program dan instruksi langkah-langkah kegiatan literasi akademik. Kedua yaitu tampilan produk. Buku disusun dengan ukuran A4 dengan gambar di kulit buku skema kegiatan program literasi akademik dan keterangannya pengguna buku. Tujuan skema kegiatan diletakkan di bagian kulit buku agar pembaca langsung mengerti bahwa program tersebut berisi berbagai kegiatan literasi. Judul kulit buku bagian depan adalah Panduan Pengembangan Program Literasi Akademik dengan keterangan judul Petunjuk Praktis untuk Siswa SMA/MA dan pada buku guru didesain mirip hanya pada judul keterangan diperuntukkan guru SMA/MA. Pembeda kedua buku ini yaitu warna kulit buku. Buku guru bewarna jingga sedangkan buku siswa bewarna hijau. Pada bagian belakang kulit buku didesain menyatu dengan bagian depan kulit buku dengan judul mirip dan adanya kolom keterangan isi dari buku panduan pengembangan program literasi akademik. Jenis dan ukuran huruf. Jenis dan ukuran huruf pada bagian materi memakai jenis font Century Gothic dengan ukuran 12pt bagian subbab memiliki jenis font Arial ukuran font 12pt. Ketiga yaitu sistematika penyajian. Urutan pada sistematika dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian awal bagian inti dan bagian akhir. Bagian awal terdiri atas perkenalan literasi akademik (fungsi buku panduan literasi akademik rangkuman skema kegiatan literasi akademik pengertian karakteristik landasan tujuan dan sasaran dan konsep literasi akademik). Bagian inti yaitu langkah-langkah kegiatan dalam literasi akademik diantaranya merangkum memparafrase menganalisis membuat makalah dan merevisi makalah. Sementara itu pada bagian ketiga yaitu berisi implementasi program instruksi guru(buku panduan guru) lembar kegiatan siswa dan evaluasi daftar rujukan dan daftar riwayat hidup peneliti. Keempat yaitu penggunaan bahasa. Penggunaan Bahasa Indonesia formal sebagai bahasa yang digunakan dalam buku panduan. Selain formal penggunaan bahasa juga komunikatif serta disesuaikan dengan pembaca. Hasil uji produk oleh ahli praktisi dan siswa sebagai berikut. (1) Aspek isi memeroleh skor rata-rata 81.2%. (2) Aspek tampilan memeroleh skor sata-rata 80.5%. (3) Aspek sistematika memeroleh skor rata-rata 85.5%. (4) Aspek penggunaan bahasa memeroleh skor 84.9%. Berdasarkan kriteria kelayakan minimal produk tergolong layak diimplementasikan. Simpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk pengembangan buku panduan program literasi akademik ini layak untuk dikembangkan di SMA/MA. Guru disarankan untuk menggunakan buku panduan ini di luar pelajaran dengan jadwal yang ditetapkan oleh sekolah. ABSTRACT Nurhidayah Ramadani Wahyu. 2016.Development of Program Academic Literacy in MA Ma arif NU Blitar. Thesis Department of Indonesian Literature Faculty of Letters State University of Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd (II) Dr. Martutik M.Pd. Keywords academic literacy development of program literacy The background research development is still low literacy s habits at school. Appropriate field survey found that there are still many schools that do not promote the literary movement in School (GLS) the literacy program organized by the government. Appropriate preliminary studies namely through interviews with teachers Indonesian state that literacy activities conducted in schools limited to the provision of school tasks related lesson so students rarely do other literacy activities outside lesson. Meanwhile the important of literacy activities (reading thinking writing) out of school program could support the students in the school to improve performance raise the level of the class raise levels of study up to lifelong learning. Therefore the development of academic literacy program in SMA / MA is very important and urgent to do. The general objective of this research is to develop a program of activities academic literacy in SMA / MA. In particular research and development objectives namely (1) produce guidebooks development of literacy programs academic with the aspect of content description (2) produce guidebooks development of literacy programs academic with the aspect of display (3) produces guidebooks development of literacy programs academic with the aspect of systematics (4) produces guidebooks development of academic literacy program with the aspect of language. This type of research is a kind of research development. Researchers adopting stages of development research Borg and Gall. Adaptation of development procedures namely (1) the stage of pre-development (2) the stage of development (3) validation expert (4) the revision of the initial product (5) field trials and (6) the revision of the final product. Expert validation test conducted to obtain data such as scores and comments on aspects of the products developed. Scores and comments referring to aspects of content views systematics and language in the guidebooks. Subject matter expert in this study (1) literacy experts (2) the expert textbooks and (3) a practitioner or teacher Indonesian and (4) students in grade XI MA Maarif NU Blitar. This type of data obtained from the test phase of product that numerical data and verbal. Numerical data obtained from the questionnaire test experts practitioners test and field test. Data obtained from the verbal comments and suggestions provided by the test subject when the test phase of a product. Verbal data from the test subject then transcribed into data writes. Questionnaire and interview guides used as data collection instruments. Product development guide books academic literacy program in SMA / MA has aspects description of the content views systematics and language. The following are descriptions of the products developed. First the book is divided into two parts namely guidebooks teachers and students. Both the guide book of the same essence namely 1) the introduction of academic literacy program 2) measures of activity in academic literacy program 3) The student activity sheet and evaluation. At the teacher s guide book compiled more complex which served the general instructions containing an introduction to academic literacy program organization structuring material in the guide books the method used by teachers for the program activities and instruction measures the academic literacy activities. Second the look of the product. Books are arranged by size A4 with the picture book covers activities scheme academic literacy program and guide the user statement. Interest scheme of activities laid on the skin of their books so the reader immediately understands that the program contains a variety of literacy activities. The title is the book covers the front of the Academic Literacy Program Development Guide with the caption title Practical Guide for High School Students / MA and the teacher books are designed similar titles only statement devoted high school teacher / MA. Book of teacher while the orange colored green colored for student book. Type and size of letters. The type and size of letters on the matter to wear this type Century Gothic font with 12pt size part section has its own font Arial 12pt font size. Thirdly the systematic presentation. The order of the systematics is divided into three parts the first part the core part and the final section. The initial part consists of the introduction of academic literacy (academic literacy function guide books summaries academic literacy activities scheme understanding characteristics foundation goals and objectives and the concept of academic literacy). The core part which measures activity in academic literacy including summarize paraphrase analyze make paper and revise papers. Meanwhile in the third section which contains the implementation of program instruction teacher (teacher s guide book) student activity sheet and evaluation a list of references and the curriculum vitae of researchers. Fourth is the use of language. The use of formal Indonesian as the language used in the guide book. In addition to formal use of language is also communicative and adapted to the reader. The test results of products by experts practitioners and students as follows. (1) Aspects of contents attained an average score of 81.2%. (2) acquiring the display aspect sata average score of 80.5%. (3) systematic aspect attained an average score of 85.5%. (4) aspects of language use attained a score of 84.9%. Based on the minimum eligibility criteria considered adequate product implemented. The conclusions of this research and development is a product development program guide books academic literacy is feasible to be developed in SMA / MA. Teachers are encouraged to use this guide outside lessons with the schedule set by the school.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |