Kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Kademangan / Mufidatul Chasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Kademangan / Mufidatul Chasanah

Chasanah, Mufidatul (2017) Kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Kademangan / Mufidatul Chasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chasanah Mufidatul. 2015. Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kademangan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Martutik M. Pd. (II) Dr. Imam Agus Basuki M. Pd. Kata kunci kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMK. Menulis adalah kemampuan menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk disampaikan kepada pembaca. Salah satu kompetensi dasar aspek menulis dalam standar isi bahasa Indonesia kelas X SMA/SMK adalah memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Kademangan. Kemampuan menulis ini dilihat dari aspek perumusan judul pengembangan tesis argumentasi dan penegasan ulang. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini mendeskripsikan hasil analisis sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Data penelitian ini berupa skor. Intrumen dalam penelitian ini berupa lembar penilaian siswa yang berupa petunjuk dan perintah menulis teks eksposisi dan rubrik penilaian yang digunakan sebagai dasar menganalisis data. Analisis data dilakukan setelah semua data terkumpul kemudian dilakukan penilaian. Penilaian dilakukan dengan menggunakan rumus untuk menentukan kualifikasi kemampuan siswa. Hasil analisis data kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X TKR 2 dan 3 SMK Negeri 1 Kademangan dinyatakan belum mampu. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan skor pada aspek perumusan judul hanya sebanyak 3 siswa (6%) yang dapat memperoleh skor 4 30 siswa (64%) mendapat skor 3 13 siswa (28%) mendapat skor 2 dan 1 siswa (2%) mendapat skor 0. Perolehan skor pada aspek pengembangan tesis hanya sebanyak 2 siswa (4%) yang mendapat skor 4 39 siswa (83%) mendapat skor 3 dan 6 siswa (13%) mendapat skor 2. Perolehan skor pada aspek pengembangan argumentasi hanya sebanyak 1 siswa (2%) yang mendapat skor 4 35 siswa (75%) mendapat skor 3 dan 11 siswa (23%) mendapat skor 2. Perolehan skor pada aspek pengembangan penegasan ulang hanya sebanyak 4 siswa (9%) yang mendapat skor 4 26 siswa (55%) mendapat skor 3 5 siswa (11%) mendapat skor 2 1 siswa (2%) mendapat skor 1 dan 11 siswa (23%) mendapat skor 0. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diberikan saran kepada dua pihak yaitu kepada guru bahasa Indonesia temuan penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukkan dalam merencanakan materi dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Kepada peneliti selanjutnya disarankan apabila ingin mengambil atau melakukan penelitian sejenis dianjurkan mengambil fokus penelitian yang sifatnya lebih luas dan dengan subjek yang berbeda. Hal tersebut bertujuan menambah kajian dan temuan yang lebih akurat ketika menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9542

Actions (login required)

View Item View Item