Naim, Elfan Muhammad (2017) Karakteristik tembang macapat karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Srengat Blitar tahun pelajaran 2014/2015 / Elfan Muhammad Naim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Naim Elfan Muhammad. 2015. Karakteristik Tembang Macapat karya Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Srengat Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunoto M.Pd (II) Karkono S.S. M.A. Kata Kunci karakteristik tembang macapat siswa kelas X SMA Negeri 1 Srengat Dalam budaya Jawa macapat masuk pada kategori tembang yang terwujud dalam pola persajakan tertentu. Dalam melestarikan produk budaya tersebut Pemerintah Daerah di Jawa Timur memiliki peran besar. Hal ini terangkum dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur yang menjelaskan bahwa mata pelajaran Bahasa Jawa diselenggarakan pada jenjang SMA/SMALB/MA. SMA Negeri 1 Srengat merupakan salah satu SMA di Kabupaten Blitar yang telah melaksanakan pembelajaran Bahasa Jawa pada kurun waktu satu tahun terakhir dengan tenaga pengajar yang terbatas. Menulis tembang macapat merupakan salah satu Kompetensi Dasar pada Muatan Lokal Bahasa Jawa di SMA tersebut. Ketrampilan menulis tembang macapat harus dikuasai oleh siswa yang bertujuan untuk mengasah kreativitas siswa walaupun dengan keterbatasan tenaga pengajar. Penelitian ini penting dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik tembang macapat karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Srengat. Penelitian ini difokuskan pada karakteristik tembang macapat karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Srengat yang meliputi sub fokus struktur dan pesan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi dokumen. Data dalam penelitian ini berupa (1) kutipan struktur yang terdiri dari guru gatra guru wilangan dan guru lagu yang digunakan siswa dalam menulis tembang macapat dan (2) larik atau kutipan tembang macapat yang memuat pesan dalam tembang macapat. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen. Peneliti merupakan human instrument atau instrumen yang bersifat subjek. Peneliti dalam mendapatkan data menggunakan parameter. Parameter digunakan untuk membantu peneliti mendapatkan data berupa pesan yang terdapat pada tembang macapat karya siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama karakteristik struktur tembang macapat karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Srengat tahun pelajaran 2014/2015 tertuang pada 10 jenis tembang macapat. Siswa cenderung menggunakan diksi Bahasa Indonesia menggunakan dasanama dan melesapkan atau mengurangi suku kata pada diksi yang dipilih untuk menyesuaikan pakem struktur tembang. Kedua karakteristik pesan dalam tembang macapat karya siswa kelas X SMA Negeri 1 Srengat tahun pelajaran 2014/2015 tertuang pada 10 jenis tembang macapat. Siswa mengambil pesan-pesan yang bersifat kesedihan kemesraan kebahagiaan nasihat dan tebakan. Siswa cenderung memperhatikan kesesuaian pesan tembang berdasarkan pakem pesan pada masing-masing tembang macapat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9538 |
Actions (login required)
View Item |