Analisis isi dan penyajian materi buku siswa kelas VII Mapel Bahasa Indonesia terbitan Kementrian Pendidikan, dan Kebudayaan tahun 2013 / Redhitya Wempi Ansori - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis isi dan penyajian materi buku siswa kelas VII Mapel Bahasa Indonesia terbitan Kementrian Pendidikan, dan Kebudayaan tahun 2013 / Redhitya Wempi Ansori

Ansori, Redhitya Wempi (2017) Analisis isi dan penyajian materi buku siswa kelas VII Mapel Bahasa Indonesia terbitan Kementrian Pendidikan, dan Kebudayaan tahun 2013 / Redhitya Wempi Ansori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ansori Redhitya Wempi. 2015. Analisis Isi dan Penyajian Materi Buku Siswa Kelas VII Mapel Bahasa Indonesia Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurchasanah M.Pd. (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata Kunci analisis buku siswa bahasa Indonesia kurikulum 2013. Buku teks merupakan salah satu acuan dasar yang digunakan oleh guru maupun peserta didik dalam proses belajar mengajar. Buku teks merupakan penunjang wajib yang dikeluarkan pemerintah untuk membantu guru dan peserta didik mengiplementasikan kurikulum 2013. Pendapat tersebut sesuai dengan Permendikbud no 71 tahun 2013 pasal 1 poin (1) berbunyi Menetapkan buku teks pelajaran sebagai buku siswa yang layak digunakan dalam pembelajaran tercantum dalam lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari pertauran menteri ini . Poin (2) berbunyi Menetapkan buku panduan guru sebagai buku guru yang layak digunakan dalam pembelajaran tercantum dalam lampiran II yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari peraturan menteri ini . Mutu buku teks harus diperhatikan guna mencapai suatu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Terutama yang menjadi fokus masalah mengenai KD yang dikonsep dalam kurikulum harus dikembangkan dalam buku teks. Kedua adalah penyajian materinya yang harus disesuaikan dengan peserta didik dan yang ketiga adalah isi materi buku teks harus bisa menunjang ketercapaian komptensi dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan buku siswa Bahasa Indonesia kurikulum 2013 jenjang Sekolah Menengah Pertama kelas VII. Buku siswa dideskripsikan berdasarkan kompetensi dasar aspek pengetahuan keterampilan dan sosial yang dikembangkan dan tidak dikembangkan dalam buku tersebut tujuan kedua adalah mendeskripsikan cakupan materi untuk mencapai kompetensi dasar berdasarkan kedalaman dan keluasaan materi dan tujuan yang terakhir adalah mendeskripsikan urutan penyajian materi dalam buku siswa tersebut Jenis dan rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data berupa uraian materi berbasis teks dan instruksi penugasan untuk mencapai komptensi dasar sedangkan sumber datanya adalah buku siswa Bahasa Indonesia kurikulum 2013 jenjang kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Teknik pengumpulan data adalah studi dokumentasi dengan tahapan mengumpulkan data memberikan kodifikasi pada data dan menganalisis data. Penganalisisan data melalui beberapa tahapan yaitu mengklasifikasi data dan mengurutkan data mulai dari kompetensi dasar yang dikembangkan dan tidak dikembangkan dalam buku siswa tersebut cakupan materi yang dilakukan untuk mencapai komptensi dasar dan yang terakhir adalah urutan penyajian materi dalam buku siswa tersebut tahapan berikutnya adalah menganalisis data sesuai dengan panduan analisis data yang telah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan buku siswa Bahasa Indonesia kuriklum 2013 tidak mengembangkan semua kompetensi dasar yang telah dikonsep dalam kurikulum. Komptensi dasar aspek pengetahuan 3.2 mengenai membedakan tidak dikembangkan dalam buku siswa tersebut. kompetensi dasar aspek pengetahuan yang lain dikembangkan namun pengembangannya tidak menyeluruh pada setiap teks yang dilatihkan seperti pada KD 3.3 dan KD 3.4. KD 3.4 dikembangkan pada teks Lho dan teks Eksplanasi. KD 3.4 dikembangkan pada teks Deskriptif dan teks Cerpen. KD aspek keterampilan dikembangkan dalam buku siswa tersebut. KD 4.1 dan 4.2 dikembangkan secara menyeluruh dalam teks yang dilatihkan sedangkan KD 4.3 dan KD 4.4 tidak dikembangkan secara menyeluruh pada masing-masing teks yang dilatihkan. Pengembangannya ada yang dikelola dalam bab tersendiri dan ada yanb bercampur dalam teks yang dilatihkan Kedua cakupan materi untuk mencapai kompetensi dasar aspek keterampilan dan aspek pengetahuan dilakukan dengan instruksi penugasan yang mengarahkan peserta didik untuk mencapai komptensi dasar yang telah dikonsep dalam kurikulum. Secara umum kegiatan yang dilakukan untuk mencapai setiap KD adalah melalui kegiatan-kegiatan yang telah dikonsep guna mencapai komptensi dasar. Kegiatan untuk mencapai KD 3.1 memahami isi teks model dengan menjawan pertanyaan mengenai isi teks KD 3.3 melakukan kegiatan mengklasifikasi teks yang dilatihkan dengan teks sastra dan KD 3.4 kegiatan yang dilakukan adalah mengidentifikasi kata yang tidak baku dalam teks dan mengidentifikasi kesalahan dari suatu teks dari segi struktur Kegiatan yang dilakukan untuk mencapai KD aspek keterampilan adalah KD 4.1 memahami isi teks yang dilatihkan 4.2 menyusun teks yang dilakukan secara berkelompok dan mandiri 4.3 merevisi teks dilakukan dengan kegiatan tersendiri dalam bab dengan teks khusus dan KD 4.4 meringkas teks dilakukan dengan meringkas teks yang dilatihkan Ketiga urutan penyajian materi dalam buku teks sesuai dengan empat tahapan strategi membedah teks seperti membangun konteks pemodelan membangun konteks membangun teks secara bersama-sama dan membangun teks secara mandiri. Setiap kegiatan membedah teks pada masing-masing teks yang dilatihkan dikembangkan dengan berbagai tahapan kegiatan pembelajaran. Dari simpulan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran yaitu (1) Bagi penulis buku penelitian tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk membuat buku teks Bahasa Indonesia yang tepat dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang ditemukan dalam penelitian seperti komptensi dasar yang harus dikembangkan harus sesuai dengan kurikulum dan harus menyeluruh pada masing-masing teks yang dilatihkan. Cakupan materi untuk mencapai komptensi dasar harus mempertimbangkan aspek kedalaman dan keluasaan serta harus diperhatikan kecukupan materinya (adequancy).(2)Bagi guru penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk lebih kreatif lagi menggunakan buku siswa tersebut karena tidak semua komptensi dasar dikembangkan secara menyeluruh pada teks-teks yang dilatihkan. Guru harus bisa berimprovisasi mengembangkan kegiatan untuk mencapai komptensi dasar yang belum dikembangkan dalam buku siswa tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9535

Actions (login required)

View Item View Item