Kesalahan afikasi bahasa Jawa dengan huruf latin dalam cerkak karya siswa kelas XII SMKN 3 Malang / Wahyu Ika Yunitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan afikasi bahasa Jawa dengan huruf latin dalam cerkak karya siswa kelas XII SMKN 3 Malang / Wahyu Ika Yunitasari

Yunitasari, Wahyu Ika (2017) Kesalahan afikasi bahasa Jawa dengan huruf latin dalam cerkak karya siswa kelas XII SMKN 3 Malang / Wahyu Ika Yunitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yunitasari Wahyu Ika. 2016. Kesalahan Afiksasi Bahasa Jawa dengan Huruf Latin dalam Cerkak Karya Siswa Kelas XII SMKN 3 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd (II) Dr. Sunaryo H.S. S.H M.Hum. Kata Kunci kesalahan afiksasi afiksasi bahasa Jawadengan huruf latin Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang masih digunakan sebagai alat komunikasi lisan maupun tulisan dan merupakan bahasa pertama atau bahasa ibu yang digunakan oleh sebagian masyarakat Jawa. Ada empat macam afiks dalam bahasa Jawa yaitu (1) prefiks atau ater-ater (2) sufiks atau panambang (3) infiks atau seselan dan (4) konfiks. Selain itu pada bentuk konfiks tertentu ada yang dikatakan sebagai afiks gabung (imbuhan sesarengan). Dikatakan sebagai afiks gabung karena jika salah satu morfem dihilangkan kata tersebut tetap bermakna. Afiksasidalam bahasa Jawa memiliki keanekaragaman dan lebih rumit. Jika penulisannya salah maka akan menimbulkan perbedaan persepsi makna. Oleh sebab itu untuk meminimalkan kesalahan tersebut perlu diadakan penelitian kesalahan afiksasi bahasa Jawa melaluitulisan siswa berupa cerkak (cerita cekak) agar tidak terjadi kesalahan yang berkelanjutan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan afiksasi bahasa Jawa dengan huruf latin melalui (1) prefiks N- ka- dan ke- (2) sufiks -an dan i serta (3) konfiks ka-an ke-en pa-an N-ake N-i dan di-i pada cerkak karya siswa kelas XII SMKN 3 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data yang diperoleh dari lokasi penelitian. Sumber penelitian ini yaitu cerkak hasil karya siswa kelas XII SMKN 3 Malang dan pengambilan datanya dilakukan pada 2 November-10 Desember 2015. Instrumen untuk pengambilan data yaitu berupa soal perintah untuk memproduksi cerkak dan tabel analisis yang digunakan untuk mempermudah pengumpulan pengklasifikasian dan penganalisisan data. Melalui instrumen tersebut diperoleh data penelitian kesalahan afiksasi bahasa Jawa dengan huruf latin melalui prefiks N- ka- dan ke- sufiks -an dan-i konfiks ka-an ke-en pa-an N-ake N-i dan di-i pada cerkak karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ditemukan 10 data kesalahan afiksasi bahasa Jawa dengan huruf latin melalui prefiks N- ka- dan ke-dengan bentuk dasar rasa amba renggut rangkul trima obong endheg dan liwat (2) ditemukan 23 data kesalahan afiksasi bahasa Jawa dengan huruf latin melalui sufiks -an dan-i dengan bentuk dasar lagu guyu turu kali pangku ronce minggu wedi blanja lucu semaya sinau impi ombe saji tresna iri dadi janji klambi ngerti temu dan melu (3) ditemukan 42 data kesalahan afiksasi bahasa Jawa dengan huruf latin melalui konfiks ka-/-an ke-/-en pa-/-an N-/-ake N-/-i dan di-/-i dengan tiga puluh sembilan bentuk dasar dadi eling temu apus isin rungu angel ilang teka begja awan omah adus rasa raya langkah lali iber eling crita slamet tari ambu lirik iri sapu tuku rewang liwat laku buru tunggu temu lebu lapis racun melu rungu dan isi . Kesalahan tersebut terjadi karena (1) kecenderungan siswa menambahkan vokal /e/ antara imbuhan dan bentuk dasar pada awalan N- (2) kesalahan penggunaan afiks (3) siswa belum bisa membedakan penggunaan prefiks ka- dan ke- (4) pada proses pengimbuhan yang dilakukan tidak memperhatikan bentuk dasar (5) penggunaan bentuk dasar yang mengarah pada kata bahasa Indonesia (6) proses afiksasi yang kurang tepat serta (7) pemilihan dan penggunaan bentuk dasar yang salah. Saran bagipenyusunsilabusdanbahan ajar Bahasa Jawa sebaiknyalebihperhatiandalammenentukandistribusimateri yang seharusnyadiajarkan agar susunanmaterisesuaidengantingkatannya.Misalnyapadamaterimemproduksicerkak seharusnyasebelummemasukimateriitudiberikansedikitmateritentangbentukan kata. Hal itudapatdigunakansiswasebagaibekaldalammengolah kata ketikamemproduksicerkak. Bagi guru Bahasa Jawa sebaiknyalebihmenekankanpenggunaanbahasaJawadalampembelajarandenganmenggunakanbahasa yang lebihvariatifuntukmemancingdanmenambahperbendaharaan kata bahasaJawa yang dimilikisiswa. Selainitu juga lebihseringmelakukanlatihanataupemberiantugaskepadasiswamengenai kata-kata dalambahasaJawa. Bagi peneliti selanjut-nya Apabilainginmengadakanpenelitiansejenis sebaiknyapenelitianlanjutandilakukandengansubjekpenelitiansiswakelas X maupun XI objekpenelitianteks-tekslainnyaselaincerkak ataupun juga memperluasfokuspenelitianyaitureduplikasidankomposisi yang nantinyabermanfaatuntukpengayaanreferensipengajaran Bahasa Jawa di SMKN 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9533

Actions (login required)

View Item View Item