Pengaruh penggunaan teknik editing sejawat terhadap kemampuan menerapkan ejaan dalam menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang / Linggit Nari Puspita Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan teknik editing sejawat terhadap kemampuan menerapkan ejaan dalam menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang / Linggit Nari Puspita Ningrum

Ningrum, Linggit Nari Puspita (2017) Pengaruh penggunaan teknik editing sejawat terhadap kemampuan menerapkan ejaan dalam menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang / Linggit Nari Puspita Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ningrum Linggit Nari Puspita. 2016. Pengaruh Penggunaan Teknik Editing Sejawat terhadap Kemampuan Menerapkan Ejaan pada Tugas Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Suparno (2) Dr. Imam Agus Basuki M. Pd. Kata Kunci teknik editing sejawat kemampuan menerapkan ejaan teks ulasan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan teknik editing sejawat terhadap kemampuan menerapkan ejaan dari (1) aspek pemakaian huruf (2) aspek penulisan kata dan (3) aspek pemakaian tanda baca. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain control group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII-5 sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik editing sejawat sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Instrumen yang digunakan berupa tes menulis berbentuk esai. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama terdapat pengaruh penggunaan teknik editing sejawat terhadap kemampuan menerapkan ejaan dari aspek pemakaian huruf . Hal ini berdasar pada hasil analisis statistik uji beda postes menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0 004 (Sig. 2-tailed

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9530

Actions (login required)

View Item View Item