Wulandari, Triana (2016) Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia menggunakan media kartu kata pada siswa kelas III SDN Slorok 01 Kabupaten Blitar / Triana Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Triana. 2016.Pembelajaran Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Kartu Kata di SDN Slorok 01 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Skripsi JurusanBahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Abdul Syukur Ghazali M.Pd (II) Dra. Ida Lestari M.Si. Kata Kunci keterampilan berbicara kartu kata proses pembelajaran bercerita. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Slorok 01. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran berbicara menggunakan media kartu kata pada SDN Slorok 01 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk melihatperencanaan proses dan evaluasi pembelajaran siswa kelas III ketika menggunakan kartu katapada materi berbicara di SD Negeri Slorok 01. Pembelajaran berbicara menggunakan kartu kata adalah penggunaan media kartu kata sebagai alat bantu untuk siswa untuk mengarang sebuah cerita. Kartu kata berperan sebagai penentu tema dan pedoman bagi siswa untuk menceritakan peristiwa-peritiwa yang ada dalam gambar yang terdapat pada kartu kata serta mengandung unsur permainan dan penguatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang datanya bersifat deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketika menggunakan media kartu kata siswa lebih terlihat lebih aktif dalam pembelajaran dan mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat dilihat dari ketertarikan siswa terhadap pembelajaran dan nilai dari pembelajaran yaitu persentase banyaknya siswa yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan KKM lebih dari 75%. Hasil tes akhir yaitu 90% siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan KKM. Hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran keterampilan berbicara di SD Negeri Slorok 01 adalah sebagai berikut (1) siswa dapat memahami kosakata baru yang dianggap sulit (2) pembagian kelompok berdasarkan kemampuan akademik siswa dan pendampingan yang tepat selama proses pembuatan cerita (3) pelaksanaan tahap performansi yang dilaksanakan bergiliran oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9528 |
Actions (login required)
View Item |