Peningkatan kemampuan membaca ekstensif cerita pendek dengan strategi penelitian kelompok siswa kelas VII D SMPN 1 Candipuro Kabupaten Lumajang semester genap 2014/2015 / Sofiatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca ekstensif cerita pendek dengan strategi penelitian kelompok siswa kelas VII D SMPN 1 Candipuro Kabupaten Lumajang semester genap 2014/2015 / Sofiatun

Sofiatun (2016) Peningkatan kemampuan membaca ekstensif cerita pendek dengan strategi penelitian kelompok siswa kelas VII D SMPN 1 Candipuro Kabupaten Lumajang semester genap 2014/2015 / Sofiatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sofiatun. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Ekstensif Cerita Pendek dengan Strategi Penelitian Kelompok Siswa Kelas VII D SMP N 1 Candipuro Kabupaten Lumajang Semester Genap 2014/2015. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Pror. Dr. H. A. Syukur Ghazali M.Pd (II) Indra Suherjanto S. Pd M.Sn. Kata kunci peningkatan membaca ekstensif cerita pendek strategi penelitian kelompok Membaca ekstensif merupakan kegiatan membaca yang berhubungan dengan kemahiran dalam memahami isi pokok-pokok bacaan. Membaca ekstensif merupakan kegiatan membaca yang dilaksanakan untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya tentang persoalan tertentu dalam berbagai macam bacaan. Tujuan membaca ekstensif adalah memahami isi yang penting dari bahan bacaan dengan waktu yang cepat dan singkat. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa kenmampuan siswa dalam membaca esktensif cerita pendek masih belum memenuhi standar ketuntasan yang ditentukan. Siswa yang mendapat nilai 8805 75 hanya 4 siswa atau 11% untuk cerpen Sumbangan 3 siswa atau 8% untuk cerpen Si Cacat dan 0 siswa untuk cerpen Pelajaran Mengarang . Berdasar hasil tersebut siswa kesulitan menemukan unsur-unsur intrinsik cerita pendek dengan tepat. Perlu strategi khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya dengan menggunakan strategi penelitian kelompok. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang memiliki empat tahapan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII D SMP N 1 Candipuro Kabupaten Lumajang. Pelaksanaan penelitian dimulai tanggal 04 Januari 2015 sampai 04 Pebruari 2015. Data penelitian ini adalah tes hasil membaca ekstensif cerita pendek dengan strategi penelitian kelompok. Sumber data penelitian ini adalah 37 siswa di kelas VII D. Hasil penelitian pada siklus I kemampuan membaca ekstensif cerita pendek dengan strategi peneltian kelompok belum mencapai SKM yang ditentukan yaitu 8805 75. Hanya ada 18 siswa atau 49% yang berhasil mencapai SKM pada cerpen Si Cacat 43% atau 16 siswa pada cerpen Sumbangan 38% atau 14 siswa pada cerpen Pelajaran Mengarang. Kesulitan yang dialami siswa secara umum terletak pada unsur tema cerpen. Hasil penelitian pada siklus II kemampuan membaca ekstensif cerita pendek dengan strategi peneltian kelompok sudah mencapai SKM yang ditentukan yaitu 8805 75 ada 34 siswa atau 92% yang berhasil mencapai SKM pada cerpen Si Cacat 89% atau 33 siswa pada cerpen Sumbangan dan 86% atau 32 siswa pada cerpen Pelajaran Mengarang. Kesulitan yang terjadi pada siklus I sudah tidak terjadi pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam membaca ekstensif dari siklus I kesiklus II. 8195 Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa kemampuan siswa dalam membaca ekstensif mengalami peningkatan setelah membaca cerita pendek dengan strategi peneltian kelompok. Walaupun ada peningkatan dari temuan yang ada tetapi secara keseluruhan siswa masih mengalami kesulitan ketika menemukan tema cerpen melaui membaca ekstensif. Maka dari itu disarankan kepada guru untuk memaksimalkan materi dan soal tes yang diberikan kepada siswa dalam kategori unsur tema pada teks cerpen. Memaksimalkan yang dimaksud ialah memberikan informasi yang padat dan tepat kepada siswa. Ketika melakukan kegiatan membaca ekstensif disarankan guru menggunakan teks yang beragam dan berjenjang artinya antara teks yang satu dengan teks yang lainnya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Guru juga bisa menerapkan strategi penelitian kelompok pada kegiatan pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9527

Actions (login required)

View Item View Item