Permani, Hildayati (2016) Unsur intrinsik cerpen karya siswa kelas XII IPA 1 MAN 1 Probolinggo / Hildayati Permani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Permani Hildayati. 2016. Unsur Intrinsik Cerpen Karya Siswa Kelas XII IPA 1 MAN 1 Probolinggo. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakutas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (II) Dr Roekhan M. Pd. Kata kunci Cerpen Cerpen Siswa Menulis Cerpen. Cerpen merupakan cerita pendek yang sebenarnya adalah sebuah dari berbagai elemen yang membentuknya (unsur intrinsik dan ekstrinsik). Unsur intrinsik adalah unsur yang terdapat di dalam sebuah karya sastra dan membentuk eksistensi cerita yang bersangkutan. Unsur intrinsik meliputi tema alur tokoh dan penokohan sudut pandang latar amanat dan gaya bahasa. Menulis cerpen adalah proses menuangkan pikiran dan imajinasi dalam wujud cerita fiksi. Pada kenyataan di lapangan tidak mudah menulis sebuah cerpen banyak yang mempengaruhi hasil menulis cerpen siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) karakteristik hasil menulis cerpen siswa dilihat dari aspek alur (2) karakteristik hasil menulis cerpen dilihat dari aspek tokoh dan karakter (3) karakteristik hasil menulis cerpen siswa dilihat dari aspek latar dan (4) karakteristik hasil menulis cerpen siswa dilihat dari aspek tema. Penelitian ini menggunakan analisis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan objektif (tekstual teks cerpen). Jenis data dalam penelitian ini adalah teks hasil menulis cerpen siswa kelas XII IPA 1 MAN 1 Proboliggo. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen tertulis dalam bentuk hasil menulis cerpen siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh empat simpulan penelitian sebagai berikut. Pertama berdasarkan aspek alur terdapat dua jenis alur dalam cerpen karya siswa kelas XII IPA 1 MAN 1 Probolinggo yakni (1) alur maju dan (2) alur mundur. Kedua berdasarkan aspek tokoh dan karakter terdapat dua macam tokoh pada cerpen karya siswa yaitu (1) tokoh utama dan (2) tokoh tambahan. Sedangkan pada karakter tokoh penggambaran karakter tokoh dilihat dari segi psikologis fisiologis dan sosiologis. Penggambaran dari segi psikologis lebih banyak ditemukan dari pada penggambaran dari segi fisiologis dan sosiologis. Ketiga berdasarkan aspek latar terdapat tiga aspek latar pada cerpen karya siswa kelas XII IPA 1 MAN 1 Probolinggo (1) latar tempat (2) latar suasana dan (3) latar waktu. Keempat berdasarkan aspek tema terdapat enam aspek tema yaitu (1) seorang anak yang kesepian (2) cinta (3) keluarga (4) persahabatan (5) perjuangan menggapai cita-cita dan (6) kecerobohan di sekolah. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan unsur intrinsik khususnya aspek (alur tokoh karakter latar dan tema). Penelitian ini dapat digunakan sebagai motivasi bagi siswa untuk lebih giat belajar khususnya dalam pembelajaran menulis cerpen agar terdapat peningkatan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9525 |
Actions (login required)
View Item |