Pengaruh ekstrak daun karika (Carica pubescens) terhadap midgut larva nyamuk Aedes aegypti / Raudhatur Fatiha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ekstrak daun karika (Carica pubescens) terhadap midgut larva nyamuk Aedes aegypti / Raudhatur Fatiha

Fatiha, Raudhatur (2019) Pengaruh ekstrak daun karika (Carica pubescens) terhadap midgut larva nyamuk Aedes aegypti / Raudhatur Fatiha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pengendalian larva nyamuk dengan memanfaatkan senyawa dari tanaman dapat menjadi alternatif pengganti penggunaan larvasida kimia yang lebih berbahaya. Salah satu jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai larvasida alami adalah Karika. Senyawa aktif pada daun Karika yang dapat membunuh larva antara lain tanin papain dan flavonoid. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perubahan histologi pada midgut larva instar III Aedes aegypti setelah terkena paparan ekstrak daun karika. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimental dengan menggunakan jenis rancangan acak lengkap (RAL). Variabel bebas penelitian ini adalah konsentrasi ekstrak daun karika 1559 ppm (LC50) dan 2763 ppm (LC90)dan kontrol (0%). Variabel terikat penelitian ini adalah kondisi histologi midgut larva instar III Aedes aegypti. Hasil penelitian menununjukan sel epitel membran peritropik dan membran basal midgut menunjukan kerusakan. Kerusakan yang terjadi pada bagian membran peritropik mengalami lisis sel sel epitel hancur sehingga menyebabkan inti sel keluar dari sel peitel serta membran basal yang mengalami lisis sel. Hal ini karena kandungan daun Karika yaitu tanin dan saponin yang dapat menghidrolisis protein yang merupakan susunan utama dalam membran peritropik membran basal dan sel epitel. Kata Kunci Ekstrak daun Karika (Carica pubescens) struktur histologi midgut larva.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/95240

Actions (login required)

View Item View Item