Analisis tingkatan berpikir dan jenis kalimat tanya siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang dalam kegiatan membaca / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis tingkatan berpikir dan jenis kalimat tanya siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang dalam kegiatan membaca / Sri Wahyuni

Sri, Wahyuni (2016) Analisis tingkatan berpikir dan jenis kalimat tanya siswa kelas XI SMK Negeri 1 Malang dalam kegiatan membaca / Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Sri. 2016. Analisis Tingkatan Berpikir dan Jenis Kalimat Tanya Siswa Kelas XI SMK N 1 Malang dalam Kegiatan Membaca. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Titik Harsiati M.Pd. dan (2) Dr. Dwi Saksomo M.Si. Kata Kunci tingkatan berpikir jenis kalimat tanya siswa dan kegiatan membaca Berpikir merupakan suatu aktivitas mental seseorang yang didalamnya terdapat beberapa rangkaian kegiatan seperti mengkalsifikasi menganalisis menyimpulkan dan lain-lain. Tingkatan berpikir dapat dilihat dari jenis kalimat tanya yang ditulis oleh siswa. Kalimat tanya merupakan sebuah kalimat yang isinya menginginkan sebuah informasi dari si penulis dengan ditandai tanda tanya. Terdapat dua tujuan dari penelitian ini. Pertama mendeskripsikan ragam tingkatan berpikir. Kedua mendeskripsikan ragam jenis kalimat tanya yang ditulis oleh siswaSMK N 1 Malang setelah kegiatan membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deksriptif. Sumber data penelitian ini adalah tulisan siswa kelas XI SMK N 1 Malang. Data penelitian ini berupa kalimat tanya yang ditulis oleh siswa setelah kegiatan membaca. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tulis. Instrumen yang digunakan berupa teks eksplanasi kompleks perintah dan pedoman analisis tingkatan berpikir dan kalimat tanya siswa. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dua simpulan. Pertama ragam tingkatan berpikir diketahui bahwa tingkatan berpikir mengingat memahami mengaplikasi menganalisis mengevaluasi dan mengapresiasi muncul dalam kegiatan membaca. Tingkatan berpikir mengingat dominan muncul dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan kalimat tanya yang ditulis oleh siswa kelas XI SMK N 1 Malang. Kedua kalimat tanya berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Adapun keriteria yang dimaksud yakni (1) kalimat tanya berdasarkan bentuk dan letak kata tanya pada kalimat tanya (2) kalimat tanya berdasarkan tanpa menggunakan kata tanya dan (3) kalimat tanya bervariasi. Secara dominan banyak siswa yang menggunakan kata tanya apa untuk membuat kalimat tanya dan kata tanya tersebut berada di awal kalimat tanya. Selain terdapat bentuk kata tanya yang umum dijumpai terdapat kata tanya tanpa menggunakan kata tanya. Siswa menggunakan kata ada benar dan bisapada kalimat tanya tanpa menggunakan kata tanya.Pada kalimat tanya bervariasi ditemukan terdapat dua buah kalimat tanya. Sebelum menuju pada inti/topik yang ditanya siswa menambahkan kalimat berita/penjelas. Terdapat dua saran yang diuraikan sebagai berikut. Pertama tingkatan berpikir siswa bisa ditingkatkan tarafnya pada seluruh aspek pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu guru bahasa Indonesia berusaha memancing siswa dengan ilustrasi terkait tingkatan berpikir dengan materi yang diajarkan. Kedua peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengadakan penelitian sejenis sehingga penelitian ini dapat dikembangkan menjadi penelitian tindakan kelas kuantitatif pengembangan maupun eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9524

Actions (login required)

View Item View Item