Pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan jurnal refleksi pada siswa kelas VIIA SMPK Mardi Wiyata Kota Malang / Devi Puspita Anggrainy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan jurnal refleksi pada siswa kelas VIIA SMPK Mardi Wiyata Kota Malang / Devi Puspita Anggrainy

Anggrainy, Devi Puspita (2016) Pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan jurnal refleksi pada siswa kelas VIIA SMPK Mardi Wiyata Kota Malang / Devi Puspita Anggrainy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggrainy D. P. 2016. Pembelajaran Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Jurnal Refleksi pada Siswa Kelas VIIA SMPK Mardi Wiyata Kota Malang. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. (2) Dr.Nurchasanah M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran menulis cerita pendek jurnal refleksi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks cerita pendek dengan menggunakan jurnal refleksi pada kelas VIIA SMPK Mardi Wiyata Kota Malang. Terdapat empat hal yang dideskripsikan pada penelitian ini yaitu perencanaan pembelajaran yakni terkait dengan komponen-komponen RPP pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan penutup penilaian pembelajaran yaitu penilaian proses dan penilaian hasil serta respon siswa dan tanggapan guru terhadap penggunaan jurnal refleksi. Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif. Data yang dihimpun dibedakan menjadi empat fokus penelitian. Data berupa perencanaan pembelajaran adalah informasi tentang komponen RPP dan penyusunan perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru berdasarkan hasil wawancara. Data pelaksanaan pembelajaran berupa transkrip pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Data berupa penilaian pembelajaran meliputi instrumen penilaian proses dan hasil serta informasi hasil wawancara tentang penilaian pembelajaran. Data dari respon siswa dan tanggapan guru meliputi informasi hasil wawancara siswa dan guru serta informasi dalam jurnal refleksi siswa dan cerpen siswa. Sumber data yang digunakan adalah RPP peristiwa pembelajaran di kelas cerpen siswa jurnal refleksi siswa guru serta siswa. Hasil penelitian pembelajaran menulis teks cerita pendek dengan menggunakan jurnal refleksi pada kelas VIIA SMPK Mardi Wiyata Kota Malang terbagi menjadi empat aspek yaitu perencanaan pelaksanaan penilaian serta respons siswa dan tanggapan guru. Pertama RPP guru disusun dengan berpedoman pada format RPP permendikbud nomor 81A tahun 2013. RPP guru berisi seluruh komponen RPP yang memuat kegiatan pembelajaran menulis teks cerita pendek. Kedua pelaksanaan pembelajaran tidak berjalan seperti rencana yang telah disusun guru yaitu tidak tersedianya media video tidak dilaksanakannya kegiatan diskusi tidak dilaksanakannya kegiatan penilaian sikap sosial dengan menggunakan teknik penilaian diri dan pendekatan saintifik tidak berjalan sepenuhnya. Ketiga penilaian terdiri dari penilaian sikap dan keterampilan. Penilaian proses (aspek sikap) dilakukan oleh guru di luar jam pelajaran sedangkan penilaian hasil dilakukan dengan melihat lima aspek yaitu judul cirikebahasaan penulisan orientasi komplikasi dan resolusi. Keempat siswa meunjukkan respon yang baik jika dilihat dari aktivitas saat menulis jurnal refleksi danisi jurnal refleksi siswa namun jurnal refleksi belum mampu menggerakkan siswa untuk melakukan strategi belajar yang telah ia tulis. Kemudian guru menyatakan bahwa jurnal refleksi cocok dan menarik untuk digunakan siswa namun guru menganggap bahwa penyediaan jurnal dan pengolahannya tidaklah mudah serta membutuhkan banyak waktu. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah guru perlu meng-upgrade informasi baru agar perangkat pembelajaran yang disusun sesuai dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan terkini. Selain itu pelaksanaan pembelajaran perlu diusahakan sesuai dengan rancangan pembelajaran. Kegiatan refleksi dalam pembelajaran dapat dimaksimalkan dengan kegiatan menulis jurnal refleksi. Selain menerapkan jurnal refleksi guru perlu memberikan motivasi secara berkelanjutan agar siswa tidak hanya sekedar menulis tetapi juga berusaha menyelesaikan kesulitan belajarnya. Bagi siswa kegiatan refleksi diri dapat terus dikembangkan dalam aktivitas belajar. Kemudian penelitian ini masih pada tahap melihat respon siswa tanggapan guru serta kecocokan jurnal refleksi dalam pembelajaran bahasa maka dapat dilanjutkan dengan penelitian yang mampu melihat pengaruh jurnal refleksi bagi kegiatan belajar siswa atau hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9522

Actions (login required)

View Item View Item