Lestari, Pebrianti Wahyu (2016) Pemetaan kemampuan literasi dasar siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Pebrianti Wahyu Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lestari Pebrianti Wahyu. 2016. Pemetaan Kemampuan Literasi Dasar Siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd (II) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Kata Kunci literasi dasar pemetaan kemampuan literasi dasar Literasi dasar memiliki peranan penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar terutama dalam menyelesaikan studi melanjutkan studi menyiapkan diri memasuki dunia kerja dan belajar sepanjang hayat. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti kemampuan literasi dasar siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Tujuan umum penelitian ini adalah memetakan kemampuan literasi dasar siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar berdasarkan keseluruhan aspek. Tujuan khusus penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemetaan kemampuan literasi dasar siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar aspek merangkum teks (2) mendeskripsikan pemetaan kemampuan literasi dasar siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar aspek membandingkan dua teks (3) mendeskripsikan pemetaan kemampuan literasi dasar siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar aspek mengkritisi teks (4) mendeskripsikan pemetaan kemampuan literasi dasar siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar aspek membahasakan tabel dan (5) mendeskripsikan pemetaan kemampuan literasi siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar aspek membuat tampilan visual. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dan kelas VIII di tiga sekolah di SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Sampel penelitian ini adalah satu kelas dari kelas VII dan satu kelas dari kelas VIII di SMPN 1 Kanigoro MTs Miftahul Huda dan SMP Hasanudin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa literasi dasar rubrik penilaian dan dokumentasi berupa foto-foto. Data berupa skor kemampuan literasi dasar siswa. Pengumpulan data melibatkan peneliti dan peneliti lain sebagai teman untuk mendokumentasikan proses pengambilan data. Analisis data terdiri dari tiga tahapan yaitu (1) persiapan (2) tabulasi dan (3) penerapan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi dasar siswa aspek merangkum teks sebanyak 10 56% siswa dengan kategori sangat baik 68 31% siswa dengan kategori baik sebanyak 19 72% siswa dengan kategori cukup baik dan sebanyak 1 41% siswa dengan kategori kurang baik. Kemampuan literasi dasar siswa aspek membandingkan dua teks diketahui sebanyak 16 90% siswa dengan kategori sangat baik 51 41% siswa dengan kategori baik sebanyak 21 13% siswa dengan kategori cukup baik dan sebanyak 10 56% siswa yang dengan kategori kurang baik. Kemampuan literasi dasar siswa aspek mengkritisi teks diketahui sebanyak 11 27% siswa dengan kategori sangat baik sebanyak 51 41% siswa yang dengan kategori baik sebanyak 13 94% siswa dengan kategori cukup baik dan sebanyak 13 38% siswa dengan kategori kurang baik. Kemampuan literasi dasar siswa aspek membahasakan tabel diketahui sebanyak 13 38% siswa dengan kategori sangat baik sebanyak 49 30% siswa dengan kategori baik sebanyak 23 24% siswa dengan kategori klasifikasi cukup baik dan sebanyak 14 08% siswa dengan kategori klasifikasi kurang baik. Kemampuan literasi dasar siswa aspek membuat tampilan visual diketahui sebanyak 14 08% siswa dengan kategori sangat baik sebanyak 49 44% siswa dengan kategori baik sebanyak 23 35% siswa dengan kategori cukup baik dan sebanyak 21 13% siswa dengan kategori kurang baik. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi dasar siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar aspek merangkum teks membandingkan dua teks mengkritisi teks membahasakan tabel dan membuat tampilan visual masuk dalam kategori baik. Kemampuan literasi dasar siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar berdasarkan nilai keseluruhan aspek yang masuk dalam klasifikasi sangat baik sebesar 1 41% klasifikasi baik 49 30% klasifikasi cukup baik 33 80% klasifikasi kurang baik 14 08% dan klasifikasi tidak baik 1 41%. Disimpulkan bahwa kemampuan literasi dasar siswa SMP/MTs Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar masuk dalam klasifikasi baik. Hal ini dikarenakan sebagian sampel sudah menerapkan gerakan membaca. Berdasarkan temuan disarankan kepada siswa yang mempunyai kemampuan literasi belum memadai agar mau meningkatkan kemampuan literasi dasarnya. Kepada guru bahasa Indonesia agar dapat memilih pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan kemampuan literasi dasar siswa. Bagi sekolah selaku penentu kurikulum pembelajaran penelitian ini dapat digunakan untuk menentukan langkah praktis guna meningkatkan kemampuan literasi siswanya. Langkah praktis ini bisa dilakukan dengan menambah fasilitas membaca dan menulis membuat gerakan sadar literasi dan sebagainya. Bagi peneliti lain bisa melakukan penelitian dengan menggunakan populasi yang lebih luas. Penelitian tentang literasi dasar bisa dilakukan pada semua jenjang sekolah seperti Sekolah Dasar Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengah Atas atau pada semua tingkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9518 |
Actions (login required)
View Item |