Kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X IIS SMAN 1 Tumpang tahun ajaran 2015/2016 / Intan Sri Lestary - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X IIS SMAN 1 Tumpang tahun ajaran 2015/2016 / Intan Sri Lestary

Lestary, Intan Sri (2016) Kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X IIS SMAN 1 Tumpang tahun ajaran 2015/2016 / Intan Sri Lestary. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestary Intan Sri. 2016. Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X IIS SMAN 1 Tumpang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd (II) Dr. Hj. Siti Cholisotul Hamidah M.Pd Kata kunci kemampuan menulis teks anekdot Dalam Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia kelas X terdapat Kompetensi Dasar (KD) Memproduksi teks anekdot. KD tersebut mengindikasikan bahwa siswa harus mampu menguasai keterampilan menulis teks anekdot. Hal tersebut bertujuan agar siswa mampu mengenal memahami dan menulis teks anekdot. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X IIS dalam menulis teks anekdot. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks anekdot dilihat dari unsur struktur (abstraksi orientasi krisis reaksi dan koda) dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks anekdot dilihat dari unsur kebahasaan (kata konotasi kalimat sindiran dan kalimat moral). Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan kuantitatif dan juga menggunakan desain penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa skor yang menggambarkan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Tumpang. Skor tersebut didapat dari penilaian terhadap unsur struktur yaitu (1) abstraksi (2) orientasi (3) krisis (4) reaksi dan (5) koda. Skor tersebut juga didapat dari penilaian terhadap unsur kebahasaan yaitu (1) penggunaan kalimat langsung dan tak langsung (2) penggunaan nama tokoh (3) kalimat penggunaan konjungsi dan kata kerja material. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tulisan siswa berupa teks anekdot. Populasi penelitian ini adalah selurus siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Tumpang yang terdiri atas 5 kelas. Sampel penelitian ini diambil di kelas X IIS-4 yang berjumlah 40 siswa. Data berupa skor diperoleh dari analisis hasil tulisan siswa dengan panduan rubrik penskoran. Terdapat dua rubrik penilaian dalam penelitian ini yaitu rubrik penilaian unsur struktur teks anekdot dan rubrik penilaian unsur kebahasaan. Berdasarkan hasil analisis kesuluruhan unsur struktur diketahui bahwa siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Tumpang terdapat 7 5% siswa yang mendapat kualifikasi cukup mampu dan sebanyak 7 5% siswa mencapai kualifikasi kurang mampu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sebagian besar siswa kurang mampu menulis teks anekdot dilihat dari unsur keseluruhan struktur. Berdasarkan hasil analisis kesuluruhan unsur kebahasaan 7 5% siswa yang mendapat kualifikasi sangat mampu dalam menulis teks anekdot dilihat dari unsur kebahasaan. Kualifikasi mampu juga didapat oleh 10% siswa. Sementara itu sebanyak 62 5% siswa mencapai kualifikasi cukup mampu dan 20% siswa mendapat kualifikasi kurang mampu. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa siswa juga cukup mampu menulis teks anekdot dilihat dari unsur kebahasaannya. Berdasarkan temuan penelitian tersebut disarankan kepada guru agar temuan yang terdapat dalam penelitian yang mengukur kemampuan menulis teks anekdot ini sebaiknya diperhatikan sebagai pengetahuan yang berhubungan dengan pengajaran menulis teks anekdot. Hal tersebut karena berdasarkan hasil peneliaian masih banyak siswa yang kurang mampu dalam menulis teks anekdot berdasarkan unsur struktur maupun kebahasaannya. Peneliti lain dapat memperhatikan bahwa masih banyak siswa yang kurang mampu dalam menulis teks anekdot. Peneliti selanjutnya dapat melakukan eksperimen media pembelajaran atau bahan ajar dalam menulis teks anekdot agar para siswa tidak terjebak dalam kekurangmampuan dalam menulis teks anekdot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9515

Actions (login required)

View Item View Item