Hubungan minat baca dengan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Malang / Dyah Ayu Pangestuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan minat baca dengan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Malang / Dyah Ayu Pangestuti

Pangestuti, Dyah Ayu (2016) Hubungan minat baca dengan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Malang / Dyah Ayu Pangestuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pangestuti Dyah Ayu. 2015. Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII A SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd (II) Dewi Pusposari S.Pd M.Pd Kata Kunci minat baca kemampuan menulis cerita pendek SMP Membaca memiliki banyak manfaat salah satunya untuk memicu kreativitas. Membaca diajarkan sejak dini bukan hanya agar anak mampu membaca melainkan juga melatih aktivitas mental mulai dari memahami sampai memproduksi sebuah tulisan sendiri. Saat seorang anak mulai tertarik dengan buku bacaan orang pertama yang harus mendukung adalah orang tua. Begitu pula dengan menulis pada umumnya setiap orang mampu menulis tetapi untuk menghasilkan tulisan yang baik membutuhkan kemampuan kemauan dan minat maka dari itu perlu diajarkan di jenjang SMP.Membaca dan menulis memang mempunyai hubungan yang saling berkaitan. Membaca dapat memicu kreativitas artinya bahwa kebiasaan membaca dapat memunculkan ide untuk suatu kreativitas salah satunya adalah menulis. Banyaknya pengalaman membaca akan menambah wawasan sehingga mempunyai bekal yang lebih untuk menulis sebuah cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan minat baca dan kemampuan menulis cerita pendek serta mengetahui ada tidaknya hubungan minat baca dengan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara minat baca dengan kemampuan menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Malang pada bulan Maret sampai April 2015. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis korelasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner atau angket minat baca dan tes kemampuan menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan sampel satu kelas yaitu kelas VII A SMP Negeri 4 Malang yang terdiri dari 30 siswa. Hasil penelitian ini ada 3 yaitu sebagai berikut. Petama minat baca siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Malang tergolong tinggi. Dari 30 siswa 9 siswa (30%) minat bacanya sangat tinggi 16 siswa (53%) minat bacanya tinggi 5 siswa (17%) minat bacanya cukup tinggi dan tidak ada siswa yang minat bacanya kurang tinggi. Kedua kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Malang tergolong baik. Dari 30 siswa 9 siswa (30%) sangat baik dalam menulis cerita pendek 14 siswa (47%) baik dalam menulis cerita pendek 7 siswa (23%) cukup baik dalam menulis cerita pendek dan tidak ada siswa yang kurang baik dan sangat kurang dalam menulis cerita pendek. Ketiga minat baca memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Malang. hal tersebut dapat dilihat dari angka korelasi antara minat baca dengan kemampuan menulis cerita pendek sebesar 0 691 yang artinya adanya korelasi antara (X) minat baca dan (Y) kemampuan menulis cerita pendek. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa minat baca siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Malang tergolong tinggi kemampuan menulis cerita pendek baik dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan kemampuan menulis cerita pendek. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama bagi sekolah diharapkan mampu memfasilitasi sumber belajar dan perpustakaan yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran dan menumbuhkan kebiasaan membaca di lingkungan sekolah. Kedua bagi guru dapat mengelola dan mengarahkan dalam kegiatan belajar mengajar dan juga diharapkan mampu membangkitkan minat baca siswa dengan membuat sudut baca di kelas. Ketiga bagi siswa diharapkan meningkatkan semangat untuk belajar menulis dan kegiatan membaca. Keempat bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk dikembangkan lebih lanjut dan dapat dijadikan referensi untuk penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9514

Actions (login required)

View Item View Item