Persuasi pada explanatory editorial surat kabar harian Jawa Pos edisi Oktober-Desember 2015 / Fastabiqul Khoirot Dendrobium - Repositori Universitas Negeri Malang

Persuasi pada explanatory editorial surat kabar harian Jawa Pos edisi Oktober-Desember 2015 / Fastabiqul Khoirot Dendrobium

Dendrobium, Fastabiqul Khoirot (2016) Persuasi pada explanatory editorial surat kabar harian Jawa Pos edisi Oktober-Desember 2015 / Fastabiqul Khoirot Dendrobium. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dendrobium Fastabiqul Khoirot. 2016. Persuasi pada Explanatory Editorial Surat Kabar Harian Jawa Pos Edisi Oktober-Desember 2015. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M. Pd (II) Drs. Dwi Saksomo. M. Si. Kata Kunci explanatory editorial persuasi unsur persuasi alat persuasi teknik persuasi. Kata pengantar edisi media masa merupakan editorial. Editorial memiliki beberapa istilah lain yaitu (1) tajuk rencana (2) induk berita (3) induk opini (4) pesan dari redaksi (5) mahkota berita dan (6) sepatah kata dari redaksi. Editorial dalam media massa ditulis sebagai bentuk kritik dan diartikan sebagai sebuah pemikiran dari institusi media dalam menyikapi isu atau informasi yang ada. Editorial menjalankan fungsi pendapat yang kuat dan memberikan kuasa pada media massa untuk menguasai pembentukan pendapat umum. Adapun dipilihnya editorial sebagai sasaran penelitian dikarenakan hadirnya aspek persuasi di dalamnya. Aspek persuasi digunakan sebagai upaya menarik dan menangkap perhatian khalayak perihal isu atau peristiwa yang disajikan. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh deskripsi yang objektif tentang penggunaan teknik persuasi pada explanatory editorial berdasarkan (1) kategori unsur persuasi (2) kategori alat persuasi dan (3) kategori teknik persuasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan disusun dengan menggunakan jenis kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah teks explanatory editorial surat kabar harian Jawa Pos edisi Oktober-Desember 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kalimat yang terdapat dalam teks explanatory editorial surat kabar harian Jawa Pos dianalisis melalui tahap pengklasifikasian data tahap penginterpretasian data dan tahap pendeskripsian data. Pengecekan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan pemeriksaan pada ahli. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama explanatory editorial surat kabar harian Jawa Pos edisi Oktober-Desember 2015 menerapkan penggunaan unsur persuasi yang terdiri dari judul perwujudan dan gaya pemusat perhatian dan saran perbuatan yang secara simultan dihadirkan. Unsur-unsur tersebut dapat ditemukan pada setiap teks explanatory editorial. Kedua explanatory editorial surat kabar harian Jawa Pos edisi Oktober-Desember 2015 menggunakan alat-alat persuasi sebagai strategi komunikasi yang terdiri dari bahasa nada detail organisasi pengaturan dan kewenangan. Seluruh alat-alat persuasi tersebut juga hadir secara bersamaan pada setiap teks explanatory editorial. Ketiga teknik persuasi yang diterapkan pada explanatory editorial surat kabar harian Jawa Pos edisi Oktober-Desember 2015 berupa rasionalisasi identifikasi sugesti konformitas kompensasi penggantian dan proyeksi. Penggunaan teknik tersebut didominasi oleh teknik identifikasi dan jarang menerapkan teknik sugesti. Saran penelitian ini disampaikan pada guru bahasa Indonesia penulis buku dan peneliti lain. Bagi guru Bahasa Indonesia pengajar teks editorial disarankan untuk mengembangkan materi ajar dengan memanfaatkan penelitian ini sebagai referensi mengajar. Bagi penulis buku disarankan kian banyak yang membahas teks editorial beserta jenisnya secara lengkap dan detail untuk memudahkan para peneliti untuk meneliti teks editorial. Selain itu juga diharapkan terdapat penulis buku untuk memunculkan teori baru tentang jenis teknik persuasi yang disampaikan secara jelas dan mudah dimengerti agar tidak ada pemahaman yang dikacaukan karena kemiripan yang mendominasi dan sedikitnya perbedaan dari beberapa teknik yang telah ada. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar dapat mengembangkan penelitian terkait teknik persuasi yang deterapkan pada setiap jenis teks editorial karena masih sedikit penelitian mengenai teks editorial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9508

Actions (login required)

View Item View Item