Problematika pelaksanaan pembelajaran menulis puisi di kelas V MI Tholabuddin Kecamatan Gandusari / Trisminingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pelaksanaan pembelajaran menulis puisi di kelas V MI Tholabuddin Kecamatan Gandusari / Trisminingsih

Trisminingsih (2016) Problematika pelaksanaan pembelajaran menulis puisi di kelas V MI Tholabuddin Kecamatan Gandusari / Trisminingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Trisminingsih. Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Puisi di Kelas V MI Tholabuddin Kecamatan Gandusari. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. (II) Musthofa Kamal S.Pd M.Sn. Kata kunci problematika menulis puisi pelaksanaan pembelajaran Salah satu bentuk karya sastra yang dikenalkan pertama kali untuk siswa jenjang sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah adalah puisi yang diwujudkan dalam bentuk pembelajaran menulis puisi. Elemen pendukung keberhasilan pembelajaran menulis yaitu cara guru dalam menyajikan pelajaran menulis di kelas dan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) problematika pelaksanaan pembelajaran menulis puisi (2) faktor penyebab munculnya problematika dan (3) alternatif pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah peristiwa atau aktivitas di kelas dan informan (guru kelas V) untuk mendapatkan informasi tentang problematika pelaksanaan pembelajaran menulis puisi. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah informan (guru) dan responden (siswa) untuk mendapatkan infomasi tentang faktor penyebab munculnya problematika. Selain itu sumber data lain yakni responden untuk mendapatkan respon tentang alternatif pemecahan problematika yaitu guru kelas V MI Tholabuddin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan angket. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap mengumpulkan data mengklasifikasi data memaparkan data dalam bentuk teks naratif dan memberi kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu membandingkan hasil pengamatan dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama problematika ditemukan pada seluruh tahap kegiatan pembelajaran yaitu (1) siswa malas dan kurang antusias mengikuti pembelajaran (2) tahap inti siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan (3) tahap penutup siswa tidak fokus dan ingin mengakhiri pembelajaran. Kedua faktor penyebab munculnya problematika yaitu guru dan siswa. (1) guru sulit memotivasi dan kurang menguasai teknik memotivasi (2) tidak menggunakan media pembelajaran menulis puisi dan (3) pada tahap penutup guru mengalami kesulitan dalam pengelolaan waktu sehingga mepet dengan jam istirahat. Faktor penyebab munculnya problematika yang bersumber dari siswa adalah (1) siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran (2) siswa kurang tertarik dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan (3) siswa kurang memahami materi tentang puisi (4) siswa tidak dibantu dengan media pembelajaran (5) siswa sulit menuangkan gagasan dan (6) siswa merasa belum mendapatkan apresiasi dari hasil kerja yang dilakukan. Ketiga alternatif penyelesaian masalah terdiri atas serangkaian pilihan kegiatan yang variatif dalam pembelajaran tahap pendahuluan inti dan penutup. Alternatif penyelesaian permasalahan meliputi pelaksanaan pembelajaran metode pembelajaran media pembelajaran dan sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan dua saran Pertama kepada guru disarankan ketika pelaksanaan pembelajaran menulis puisi untuk memberikan motivasi belajar melakukan kegiatan apersepsi menggunakan metode pembelajaran kontekstual menambah sumber belajar lain selain LKS menggunakan media pembelajaran menulis puisi berupa gambar dan lagu memberikan hukuman positif memberikan hadiah berupa poin dan melakukan refleksi pada kegiatan penutup. Kedua kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pengaruh metode pembelajaran menulis puisi sehingga merangsang minat dan antusiasme siswa dalam pembelajaran serta mengasah imajinasi dan keluwesan siswa dalam mengolah kosa kata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9506

Actions (login required)

View Item View Item