Korelasi kegiatan berpikir asosiatif dan kemampuan menciptakan majas serta citraan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V SDN Rembang 02 Kota Blitar / Moch. Vandi Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi kegiatan berpikir asosiatif dan kemampuan menciptakan majas serta citraan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V SDN Rembang 02 Kota Blitar / Moch. Vandi Arifin

Arifin, Moch. Vandi (2016) Korelasi kegiatan berpikir asosiatif dan kemampuan menciptakan majas serta citraan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V SDN Rembang 02 Kota Blitar / Moch. Vandi Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Moch Vandi. 2016. Korelasi Kegiatan Berpikir Asosiatif dan Kemampuan Menciptakan Majas serta Citraan dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Rembang 02 Kota Blitar. Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Martutik M.Pd. Kata kunci berpikir asosiatif majas citraan puisi Berpikir asosiatif adalah berpikir dengan cara mengasosiasikan sesuatu dengan lainnya. Berpikir asosiatif merupakan proses pembentukan hubungan antara stimulus dengan respon artinya stimulus dan respon sangat berkaitan erat. Hubungan kegiatan berpikir asosiatif dan proses menulis puisi siswa kelas V SD sangat berkaitan erat. Siswa kelas V SD mampu menghasilkan respon apabila siswa diberikan stimulus. Respon yang diberikan oleh siswa memiliki perbedaan antara siswa satu dengan lainnya. Puisi adalah salah satu dari karya sastra yang mengungkapkan pikiran penulis secara imajinatif. Majas dan citraan merupakan bagian dari struktur pembangun puisi. Majas dapat berbentuk tertulis maupun lisan sedangkan citraan merupakan gambaran angan yang terbentuk dan diekspresikan melalui bahasa dari pengalaman indera manusia. Terkait hal itu penelitian ini bertujuan mengetahui (1) korelasi kegiatan berpikir asosiatif dan kemampuan menciptakan majas dan (2) korelasi kegiatan berpikir asosiatif dan kemampuan menciptakan citraan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Rembang 02 Kota Blitar sejumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Data pada penelitian ini adalah hasil menulis puisi berupa skor dan sumber data diperoleh dari hasil menulis puisi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi dengan media gambar yang diasosiasikan. Analisis data menggunakan One Sample Kolmogorov Smirnov Levene s Test dan product moment correlation. Hasil penelitian menunjukkan pertama terdapat korelasi positif sebesar 0 57 dengan kategori sedang dan tingkat signifikansi 5 36 (Sig. 0 05) dengan status Ha diterima yakni terdapat korelasi positif dan signifikansi antara kegiatan berpikir asosiatif dan kemampuan siswa menciptakan majas dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V SDN Rembang 02 Kota Blitar. Kedua terdapat korelasi positif sebesar 0 56 dengan kategori sedang dan tingkat signifikansi 5 20 (Sig. 0 05) dengan status Ha diterima yakni terdapat korelasi positif dan signifikansi antara kegiatan berpikir asosiatif dan kemampuan siswa menciptakan citraan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V SDN Rembang 02 Kota Blitar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara berpikir asosiatif dan kemampuan menciptakan majas sebesar 0 57 dan hubungan positif antara berpikir asosiatif dan kemampuan menciptakan citraan sebesar 0 56. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk menggunakan strategi berpikir asosiatif dalam pembelajaran menulis puisi kelas V SD. Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian sejenis bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9505

Actions (login required)

View Item View Item