Khovivi, Mahbubatul (2010) Penerapan metode proyek dalam upaya meningkatkan prestasi belajar geografi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bululawang Kabupaten Malang / Mahbubatul Khovivi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Khovivi Mahbubatul. 2009. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bululawang Kabupaten Malang.Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd (II) Dr. Anselmus. J. E Toenlioe M.Pd Kata kunci penerapan Metode Pelbelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Prestasi Belajar Metode pembelajaran berbasis proyek yaitu salah satu metode yang kegiatannya bersifat riil mempunyai arti dan manfaat bagi siswa mempunyai hubungan dengan tujuan pembelajaran hasil proyek sepadan dengan waktu yang disediakan bahan dan peralatan mudah diperoleh dan biaya yang dikeluarkan relatif murah sehingga kelas menjadi efektif dan siswa menjadi aktif kreatif dan inovatif karena ada suatu proyek yang di hasilkan dan kemudian dipamerkan dalam kelas. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran berbasis proyek mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. (2) Untuk mengetahui dampak yang muncul dari penerapan metode berbasis proyek pada pembelajaran geografi.Untuk mencapai maksud tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Bululawang Kabupaten Malang.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Observasi / Pengamatan Tes hasil belajar yaitu pre - pos tes Angket Pendapat Siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriprif yaitu menghitung prosentase angket pendapat siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dapat meningkatkan prestasi belajar geografi siswa. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan rata-rata skor siswa dari tes pada masing-masing siklus yaitu pad hasil tes awal 49 5% meningkat menjadi 60 2% hal ini berarti terjadi peningkatan skor sekitar 10 7% pada post tes siklus I. Sedangkan pada siklus II hasil tes awal siswa adalah 51 3% dan pada post tes meningkat menjadi 81 4% ini menunjukkan telah terjadi peningkatan skor siswa sebanyak 30.1%. Dapat disimpulkan oleh peneliti bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa yang lebih tinggi pada siklus II jika dibandingkan pada siklus I. Peningkatan prestasi belajar pada siklus I sebesar 10 7% dan pada siklus II menjadi 30 1% (2) Dampak-dampak yang ditimbulkan dalam penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (Project based Learning) ini tergolong menjadi 2 yaitu dampak positif dan dampak negatif . Dari berbagai temuan dalam penelitian ini disampaikan beberapa saran (1)Saran untuk pemanfaatan penelitian antara lain (a) Metode pembelajaran berbasis proyek perlu dilakukan oleh guru bidang studi IPS Geografi karena telah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (b) Penelitian ini perlu dikembangkan untuk materi serta mata pelajaran yang lain agar dapat meningkatkan prestasi akademik lainnya (c) Penelitian Metode pembelajaran berbasis proyek semacam ini perlu lebih dikembangkan lagi untuk mengukur variabel terikat lainnya Penelitian ini masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan observasi lapangan karena terbatasnya waktu untuk penyelidikan sehingga diharapkan penelitian berikutnya dapat memaksimalkan dan menyempurnakan proses pembelajaran. (2) Saran untuk penelitian lanjutan antara lain Bagi penelitian mendatang disarankan dapat lebih memodivikasi dan mengembangkan proyek yang dihasilkan agar lebih menarik untuk dipelajari Bagi penelitian mendatang disarankan guru memberi kebebasan siswa untuk berkreasi dalam membuat proyek agar proyek yang dihasilkan lebih bagus Bagi penelitian mendatang disarankan guru memberikan kesempatan yang banyak untuk siswa berkonsultasi Bagi penelitian mendatang diharapkan sudah tidak ada dampak negatif yang ditemukan dalam penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/95 |
Actions (login required)
View Item |