Asal, Nurul Fauziah (2016) Penggunaan bahasa dalam teks prosedur kompleks karya siswa kelas X SMKN 3 Malang / Nurul Fauziah Asal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Asal Nurul Fauziah. 2016. Penggunaan Bahasa dalam Teks Prosedur Kompleks Karya Siswa SMKN 3 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (II) Drs. Dwi Saksomo M.Si. Kata Kunci pilihan kata kalimat paragraf teks prosedur kompleks Penelitian ini bertujuan memaparkan penggunaan bahasa dalam karya teks prosedur kompleks karya siswa kelas X SMKN 3 Malang. Penelitian ini menggu-nakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian ini adalah paparan bahasa yang menggambarkan tujuan langkah-langkah dan penutup dalam teks prosedur kompleks karya siswa. Data tersebut diambil dari sumber data berupa 25 dokumen teks prosedur kompleks karya siswa kelas X SMKN 3 Malang. Data dikumpulkan menggunakan teknik studi dokumen. Peneliti tidak terlibat langsung proses pengumpulan data tetapi berperan sebagai instrumen utama dalam penganalisisan data. Data dianalisis dengan instrumen pendukung berupa pedoman analisis data dan tabel analisis data. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pereduksian data penyajian data dan penarikan simpulan. Tahap pereduksian data dilakukan dengan membaca menyeleksi memberikan kode pada data. Penyajian data yang berisi pemaparan dan pembahasan data disusun sekaligus berdasarkan rumusan masalah. Data berupa paparan bahasa pada bagian tujuan langkah-langkah dan penutup dianalisis menggunakan berbagai teori berdasarkan pedoman analisis data. Penarikan kesimpulan dilakukan berdasarkan temuan pada hasil analisis dan penyajian data sesuai dengan rumusan masalah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan yang sejalan dengan rumusan masalah yaitu penggunaan bahasa dalam paparan (1) tujuan (2) langkah-langkah dan (3) penutup. Aspek penggunaan bahasa tersebut adalah penggunaan pilihan kata kalimat dan paragraf. Penggunaan bahasa yang paling dominan dalam paparan tujuan dari aspek pilihan kata adalah kata yang mengacu pada target sedangkan dari aspek kalimat yang paling banyak muncul adalah kalimat perintah transitif aktif dengan pola ka-limat GK (Gatra Kerja) GB (Gatra Benda) GS (Gatra Sifat). Selanjutnya dari aspek paragraf yang paling sering digunakan adalah jenis paragraf lantas dan paparan. Penggunaan bahasa yang paling dominan dalam paparan langkah-langkah dari aspek pilihan kata adalah kata yang mengacu pada aktivitas yang berbentuk perintah sedangkan dari aspek kalimat yang paling banyak muncul adalah kalimat perintah dengan pola GBil GK GB GB. Selanjutnya dari aspek paragraf yang paling sering digunakan adalah jenis paragraf proses rincian susunan daftar dan runtutan waktu. Penggunaan bahasa yang paling dominan dalam paparan penutup dari aspek pilihan kata adalah kata yang mengacu pada target akhir sedangkan dari as-pek kalimat yang paling banyak muncul adalah kalimat berita bermakna pengakhiran dengan pola kalimat KB KK. Selanjutnya dari aspek paragraf yang paling sering digunakan adalah jenis paragraf kesimpulan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian dikemukakan saran-saran sebagai berikut. Pertama bagi guru. Guru perlu merefleksi penggunaan bahasa siswa dalam teks lain serta memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca siswa yang kurang tepat. Kedua bagi siswa SMKN 3 Malang. Siswa perlu memperkaya penggunaan kata kalimat dan paragraf dalam teks prosedur kompleks serta meningkatkan pemahaman terkait penggunaan ejaan dan tanda baca dalam menulis sebuah teks. Ketiga bagi peneliti lain. Peneliti lain sebaiknya mengupas tuntas penggunaan bahasa dari segi pilihan kata atau kalimat atau paragraf.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9499 |
Actions (login required)
View Item |