Peningkatan kemampuan bermain peran dengan media musik ilustrasi siswa ekstrakurikuler teater SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2015-2016 / Ardie Fajar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bermain peran dengan media musik ilustrasi siswa ekstrakurikuler teater SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2015-2016 / Ardie Fajar

Fajar, Ardie (2016) Peningkatan kemampuan bermain peran dengan media musik ilustrasi siswa ekstrakurikuler teater SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2015-2016 / Ardie Fajar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajar Ardie. 2016. Peningkatan Kemampuan Bermain Peran dengan Media Musik Ilustrasi Siswa Ekstrakurikuler Teater SMAN 5 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata kunci Peningkatan bermain peran musik ilustrasi. Ekstrakurikuler teater merupakan kegiatan di luar jam pelajaran yang dapat dijadikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan potensinya di bidang teater. Permasalahan dalam kegiatan ekstrakurikuler teater seringkali dianggap sepele karena hanya kegiatan di luar jam pelajaran. Hal ini menjadikan kegiatan ekstrakurikuler kurang menarik sehingga banyak siswa kurang bisa mengembangkan bakat dan potensinya dengan baik. Masalah yang muncul yaitu minimnya kemampuan siswa dalam bermain peran yang meliputi dua aspek yaitu (1) mengucapkan dialog dan (2) mengaktingkan karakter tokoh. Untuk itu diperlukan sebuah media dalam pembelajaran bermain peran sebagai sarana untuk mempermudah pembelajaran bermain peran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi proses tes kemampuan bermain peran wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu catatan lapangan rubrik penilaian pedoman wawancara dan seperangkat alat dokumentasi. Dari hasil tindakan akhir dapat diketahui bahwa secara umum kemampuan siswa dalam bermain peran dengan media musik ilustrasi meningkat. Dari 15 siswa yang diteliti semua siswa mengalami peningkatan mulai dari siklus I sampai dengan siklus II.Pada siklus I terdapat 2 siswa yang berhasil memenuhi KKM 70. Pada akhir siklus II 13 siswa berhasil memenuhi KKM 70. Jadi pada akhir siklus II terdapat peningkatan sebelas siswa yang pada siklus I belum tuntas. Berdasarkan paparan data disimpulkan bahwa media musik ilustrasi dapat meningkatkan kemampuan bermain peran siswa ekstrakurikuler teater SMA Negeri 5 Malang. Peneliti menyarankan bagi guru ekstrakurikuler teater untuk menerapkan media musik ilustrasi atau media lainnya dalam pembelajaran. Bagi peneliti lanjut disarankan melakukan penelitian lain yang dapat menambah media baru yang inovatif sehingga mampu mengatasi permasalahan-permasalahan pembelajaran terutama untuk kegiatan ekstrakurikuler yang masih kurang mendapatkan perhatian sehingga tercapailah tujuan ekstrakurikuler sebagai wadah untuk mengembangkan minat siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9498

Actions (login required)

View Item View Item