Kholiqin, Ahsanul (2016) Kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang tahun pelajaran 2014-2015 / Ahsanul Kholiqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kholiqin Ahsanul. 2015. Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata kunci kemampuan menulis teks biografi Teks biografi merupakan suatu karya tulis yang mengisahkan tentang perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Melalui kegiatan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang tahun pelajaran 2014/2015 diharapkan dapat mendokumentasikan riwayat hidup seseorang dalam bentuk tulis serta dapat memberikan informasi riwayat hidup seseorang kepada pembaca. Melalui kegiatan menulis teks biografi siswa diharapkan dapat memaparkan dengan jelas identitas seseorang peristiwa dan masalah yang dialami seseorang prestasi yang dicapai seseorang dan nilai positif seseorang yang ditulis biografinya secara faktual. Selain meningkatkan dan mengembangkan kemampuan menulis melalui kegiatan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang tahun pelajaran 2014/2015 dapat mengambil nilai positif dari perjalanan hidup tokoh untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitan ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Sehubungan dengan itu secara khusus tujuan penelitian ini dirumuskan menjadi dua tujuan. Kedua tujuan tersebut adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi dari aspek struktur isi dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi dari aspek kebahasaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siwa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8.2 dan 8.3 SMP Negeri 21 Malang tahun pelajaran 2014/2015 dengan total sebanyak 64 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan cara sampel acak klaster (cluster random sampling). Instrumen tes berisi perintah dan petunjuk menulis teks biografi digunakan sebagai alat untuk mendapatkan karya tulis siswa. Pedoman penyekoran kemampuan menulis teks biografi merupakan instrumen penilaian untuk mengetahui kemampuan menulis teks biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes yang berisi perintah dan petunjuk menulis teks biografi. Berdasarkan hasil penelitian secara umum diperoleh simpulan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Malang tahun pelajaran 2014/2015 mampu menulis teks biografi. Kemampuan siswa dalam menulis bagian judul teks biografi tergolong baik siswa mendapat kategori sangat baik sebesar 33 33% dan kategori baik sebesar 66 66%. Kemampuan siswa dalam menulis bagian orientasi teks biografi tergolong baik siswa mendapat kategori sangat baik sebesar 40 74% dan kategori baik sebesar 59 25%. Kemampuan siswa dalam menulis bagian peristiwa dan masalah teks biografi tergolong sangat baik siswa mendapat kategori sangat baik sebesar 100%. Kemampuan siswa dalam menulis bagian reorientasi teks biografi tergolong baik siswa mendapat kategori sangat baik sebesar 27 77% dan kategori baik sebesar 72 22%. Kemampuan siswa dalam menulis aspek ketepatan pilihan kata teks biografi tergolong kurang baik siswa mendapat kategori sangat baik sebesar 3 70% kategori baik sebesar 40 74% kategori cukup baik sebesar 33 33% dan kategori kurang baik sebesar 22 22%. Kemampuan siswa dalam menulis aspek keefektifan kalimat teks biografi tergolong baik siswa mendapat kategori sangat baik sebesar 94 44% dan kategori baik sebesar 5 55%. Kemampuan siswa dalam menulis aspek ketepatan penggunaan ejaan teks biografi tergolong kurang baik siswa mendapat kategori sangat baik sebesar 16 66% kategori baik sebesar 29 62% kategori cukup baik sebesar 25 92% dan kategori kurang baik sebesar 27 77%. Saran penelitian ini ditujukan kepada pihak-pihak berikut (1) bagi guru Bahasa Indonesia dan (2) bagi peneliti selanjutnya. Bagi guru Bahasa Indonesia disarankan agar melakukan tindak lanjut dalam pembelajaran menulis teks biografi khususnya pada aspek pilihan kata dan penggunaan ejaan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian baru yang masih berkaitan dengan teks biografi. Penelitian selanjutnya dapat meneliti mengenai karakteristik struktur teks biografi serta karakteristik kohesi maupun koherensi yang digunakan dalam teks biografi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |