Karakteristik teks prosedur kompleks karya siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Shinta Okta Selvi O. - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik teks prosedur kompleks karya siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Shinta Okta Selvi O.

Selvi O., Shinta Okta (2016) Karakteristik teks prosedur kompleks karya siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Shinta Okta Selvi O. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Selvi ShintaOkta. 2015. KarakteristikTeksProsedurKompleksKaryaSiswaKelas X SMK PGRI 2 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015.Skripsi JurusanSastra Indonesia FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr.EndahTri Priyatni M.Pd (II) Dr. MuakibatulHasanah M.Pd. Kata Kunci teks prosedur kompleks kaidah karakteristik teks prosedur kompleks Teks prosedur kompleks merupakan teks yang memberikan petunjuk untuk melakukan atau menggunakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut. Teks prosedur kompleks ditata dengan struktur isi dan ciri bahasa. Yang dimaksud struktur isi di sini yaitujudul tujuan bahan/alat dan tahapan/prosedur. Adapun ciri bahasa yaitu penggunaan kata kerja yang menunjukkan perintah penggunaan penomoran atau kata sambung yang menyatakan tahapan atau urutan dan penggunaan kata/frase/kalimat yang menjelaskan kondisi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan teks prosedur kompleks karya siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang yaitu mendeskripsikan struktur isi teks prosedur kompleks karya siswa dan mendeskripsikan ciri bahasa teks prosedur kompleks karya siswa. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Data penelitianiniberupahasil karya teksprosedurkomplekssiswakelas X SMK PGRI 2 Malang.Data penelitianinidiperolehmelaluitestulis yang berupapenugasan atau memberikan soal kepada siswa untuk menulisteks prosedur kompleks dengan prosedur dan LembarKerjaSiswa(LKS).Langkah-langkahanalisis data padapenelitianiniadalahsebagaiberikut (1) membaca teks prosedur kompleks karya siswa (2) mengidentifikasidanmengklasifikasi data yang telahdikumpulkanberdasarkanpedomananalisis dan (3) memasukkanhasil yang diperolehkedalamtabel hasilanalisis. Uji keabsahan data dalam penelitian iniyang dilakukanolehpeneliti dengan ketekunan membaca. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa karakteristik teks prosedur kompleks karya siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang tahun pelajaran 2014/2015 pada aspek strukturisiteksprosedurkompleksadaempat bagian yaitujudul tujuan bahan/alat dantahapan/prosedur. Bagian judul pada teks prosedur kompleks pada karya siswa mempunyai empat variasi pola yaitu judul diawali dengan frase(a) cara membuat (16 siswa) (b) cara mengurus (1 siswa) (c) cara melakukan(1 siswa) dan (d) daur ulang(2 siswa). Bagian tujuan mempunyai tiga variasi pola yaitu ada yang menggunakan kata motivasi tidak menggunakan kata motivasi dan penulisan formal. Bagian bahan/alat siswa mempunyai dua variasi pola yaitu mencantumkan ukuran/takaran pada bahan dan tidak mencantumkan ukuran/takaran. Bagian tahapan/prosedur mempunyai empat variasi pola yaitu menggunakan penomoran dengan angka(1 2 3) kata yang menunjukkan urutan (pertama kedua ketiga) simbolbullet(-) dan variasi yang diawali dengan kata kerja perintah(siapkan aduklah tiriskan). Pada aspek ciri bahasateksprosedurkompleks tiga bagian yaitu penggunaan kata kerja yang menunjukkanperintah(semuamenggunakannya). Penggunaanpenomoran atau kata keterangan petunjuk yang menyatakantahapan yang meliputi tigavariasipola yaitupenggunaannomor(14 siswa) penggunaan kata (2 siswa) danpenggunaansimbol lain(5 siswa). Penggunaan kata/frase/kalimatsudahmenjelaskankondisiuntukmenggambarkanaktivitas yang harusdilakukandenganbenar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk melakukanperbaikanpembelajaranmenulisteksprosedurkompleks khususnyapada strukturisi yaitu judul tujuan bahan/alat dan tahapan/prosedur agar siswalebihmemahamidanterampildalammenulisteksprosedurkompleksdenganbenardanlengkap. Hal tersebutdapatdilakukanpendalamanmateri pemberiananeka variasi contoh danlatihan.Siswa dalam membuat judul yang menarik untuk dibaca membuat tujuan penulisan yang memotivasi pembaca membuat bahan/alat dengan rinci agar pembaca dapat melakukan dengan sesuai dan membuat tahapan/prosedur dengan urut memudahkan pembaca dalam membuat sesuatu. selanjutnya meminta siswauntukmenyuntingtulisan.Disarankankepada penelitiselanjutnyamelakukanpenelitianpadaaspeklainterkaitdenganteksprosedurkompleks. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9493

Actions (login required)

View Item View Item