Kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016 / Dini Sylvia Martha Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016 / Dini Sylvia Martha Sari

Sari, Dini Sylvia Martha (2016) Kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016 / Dini Sylvia Martha Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Dini Sylvia Martha. 2016. Kemampuan Menulis Kreatif Teks Cerpen siswa Kelas X SMA Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd (II) Dr. Nita Widiati M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis menulis unsur intrinsik dan cerpen Kemampuan menulis merupakan salah satu dari aspek kemampuan berbahasa yang dikembangkan melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia. Menulis merupakan salah satu dari empat ketrampilan berbahasa. Ada tiga hal yang terdapat dalam aktivitas menulis yaitu ide atau gagasan yang melandasi seseorang untuk menulis media berupa bahasa tulis dan tujuan yang menjadikan pembaca dapat memahami pesan atau informasi yang disampaikan oleh penulis. Kemampuan siswa dalam menulis dapat diukur dengan memberikan tugas menulis teks cerpen. Oleh karena itu siswa memiliki pengetahuan tentang struktur teks cerpen sebagai bahan untuk menulis dan pengetahuan tentang gaya bahasa yang meliputi diksi dan majas.Unsur pembangun karya sastra khususnya cerpen dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Pembagian unsur yang dimaksud adalah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun karya sastra itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulissiswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakandeskriptif. Data penelitianiniberupa (1) skorkemampuanmengembangkanunsurintrinsik (2) skorkemampuanmenggunakangayabahasa. Sumber data penelitianiniadalahsiswakelas X SMA Negeri 1 GrogolKabupaten Kediri. Populasisiswakelas X SMA Negeri 1 Grogolsebanyak 343 siswa yang terdiridari 9 kelas. Padapopulasipenelitianinidiambilsampel 40% daripopulasi yang terdiridari 5 kelasdanjumlahsampel 188 siswa. Pelaksanaantesdilakukanpada jam Bahasa Indonesia di masing-masingkelas. Analisis data dilakukandalamempattahapyaitu (1) seleksi data (2) penskoran (3) mengurutkandanmengelompokkan dan (4) menetapkantingkatkemampuanpenjenjangan. Temuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol berdasarkan unsur intrinsik yakni kategori mampu sebanyak 19 siswa (12 9%) kategori cukup mampu sebanyak 105 siswa (71%) dan kategori kurang mampu sebanyak 23 siswa (15 6%). Kedua kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol berdasarkan aspek gaya bahasa yakni kategori sangat mampu sebanyak 24 siswa (16 3%) kategori mampu sebanyak 121 siswa (82 3%) kategori cukup mampu sebanyak 1 siswa (0 6%) dan kategori kurang mampu sebanyak 1 siswa (0 6%). Ketiga kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol secara keseluruhan aspek yakni siswa belum mampu menulis teks cerpen dari segi unsur intrinsik dan gaya bahasa sebanyak 5 siswa (3 4%) di atas KKM dan siswa yang memiliki kualifikasi di bawah KKM yakni 142 siswa (96 1%).Mean (nilai rata-rata) dari penelitian ini yakni 45 nilai tengah (median) yakni 43 dan nilai yang banyak muncul (modus) yakni 32 5. Simpulan penelitian ini bahwa kemampuan menulis kreatif teks cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Grogol tahun ajaran 2015/2016 tergolong kurang mampu karena jumlah siswa yang kualifikasi di atas KKM yakni 5 siswa (3 4%) dan siswa yang memiliki kualifikasi di bawah KKM yakni 142 siswa (96 1%). Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) standar ketuntasan mengajar adalah 75%. Artinya sebuah kelas digolongkan mampu apabila 75% jumlah siswa memiliki kualifikasi kemampuan sangat mampu mampu cukup mampu kurang mampu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9492

Actions (login required)

View Item View Item