Analisis keruntutan dan kreativitas ide dalam cerita anak karya siswa kelas V SDN Sumberdawesari IV Pasuruan / Mariyatul Qibthiyyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keruntutan dan kreativitas ide dalam cerita anak karya siswa kelas V SDN Sumberdawesari IV Pasuruan / Mariyatul Qibthiyyah

Qibthiyyah, Mariyatul (2016) Analisis keruntutan dan kreativitas ide dalam cerita anak karya siswa kelas V SDN Sumberdawesari IV Pasuruan / Mariyatul Qibthiyyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qibthiyyah Mariyatul. 2016. Analisis Keruntutan dan Kreativitas Ide dalam Cerita Anak Karya Siswa Kelas V SDN Sumberdawesari IV Pasuruan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (II) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Kata Kunci keruntutan kreativitas ide cerita anak Cerita anak merupakan salah satu ragam sastra yang diajarkan pada jenjang sekolah dasar. Karangan atau cerita karya siswa SD merupakan sastra anak yang berbentuk prosa fiksi. Sebagai sebuah sastra anak cerita karya siswa SD umumnya mencerminkan keruntutan cerita dan kreativitas ide.Keruntutan dalam cerita berkaitan dengan bagaimana alur pada sebuah cerita dirangkai.Kreativitas menjadi syarat utama terciptanya sebuah tulisan. Kreativitas dalam proses menulis cerita dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menggali ide dan mengembangkan cerita sesuai dengan unsur intrinsik secara unik baru dan menarik. Kreativitas ide siswa dapat dilihat dari pemilihan tema pendeskripsian tokoh dan pendeskripsian latar yang menarik dalam cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keruntutan dan kreativitas ide dalam cerita anak karya siswa kelas V SDN Sumberdawesari IV Pasuruan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti terlibat secara langsung dalam mengumpulkan data dan menganalisis data.Data penelitian ini adalah deskripsi keruntutan dan kreativitas ide dalam cerita anak karya siswa kelas V SDN Sumberdawesari IV Pasuruan.Sumber data penelitian ini adalah cerita atau karangan siswa kelas V SDN Sumberdawesari IV Pasuruan sejumlah 19 cerita. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen pendukung berupa pedoman analisis. Analisis data dilakukan peneliti dengan langkah (1) mereduksi data (2) menyajikan data dan (3) menarik kesimpulan. Reduksi data dilakukan dengan identifikasi dan menyeleksi data sesuai kriteria klasifikasi data dengan memasukan data ke dalam tabel pedoman analisi data dan pengkodean data dengan menuliskan kode data.Penyajian data disusun sejalan dengan rumusan masalah. Data berupa kutipan cerita yang telah dipilih dari masing-masing kriteria keruntutan dan kreativitas ide yang kemudian dianalisis berdasarkan pedoman analisis keruntutan dan kreativitas ide dalam menulis cerita.Penarikan kesimpulandilakukan berdasarkan hasil analisis dan penyajian data. Setelah data dianalisis berdasarkan pedoman analisis maka diperoleh kesimpulan akhir yang sejalan dengan rumusan masalah. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dua simpulan yang sejalan dengan rumusan masalah yaitu sebagai berikut. Pertama berdasarkan keruntutannya cerita anak karya siswa kelas V SDN Sumberdawesari IV Pasuruan dapat dikategorikan dalam cerita yang kurang runtut tidak runtut dan runtut. Kategori yang paling dominan ditemukan adalah cerita kurang runtut yaitu sebanyak 13 cerita. Pada kategori kurang runtut cerita hanya memenuhi 3 indikator cerita runtut yaitu linear memiliki hubungan sebab-akibat yang jelas dan tidak berulang. Indikator ke-4 yang berupa menggunakan kata hubung yang tepat tidak terpenuhi dalam cerita. Ketidaktepatan penggunaan kata hubung tersebut meliputi kata hubung dan kemudian lalu jadi dan dan juga. Pada kategori tidak runtut cerita hanya memenuhi 1 indikator cerita runtut yaitu cerita dikisahkan secara linear. Pada kategori cerita yang runtut cerita sudah memenuhi 4 indikator cerita runtut yaitu linear memiliki hubungan sebab-akibat yang jelas tidak berulang dan menggunakan kata hubung yang tepat. Kedua kreativitas ide dalam cerita anak karya siswa kelas V SDN Sumberdawesari IV Pasuruan dilihat dari 3 unsur yaitu pemilihan tema deskripsi tokoh dan deskripsi latar. Pertama kreativitas ide dalam memilih tema dikategorikan ke dalam cerita yang tidak kreatif kurang kreatif dan kreatif. Adapun rinciannya adalah 7 cerita tidak kreatif 4 cerita kurang kreatif dan 8 cerita kreatif. Pada kategori tidak kreatif cerita sudah sering ditulis dan tidak unik. Pada kategori kurang kreatif cerita jarang ditulis namun tidak unik. Pada kategori kreatif cerita jarang ditulis dan unik. Keunikan tersebut berupa hal atau peristiwa yang berbeda dari peristiwa yang dikisahkan cerita pada umunya.Kedua kreativitas ide dalam mendeskripsikan tokoh semua cerita dikategorkan kurang kreatif. Hal tersebut disebabkan semua cerita hanya menggunakan satu teknik saja dalam mendeskripsikan tokoh yaitu teknik narasi saja.Ketiga kreativitas ide dalam mendeskripsikan latar semua cerita dikategorkan kurang kreatif. Hal tersebut disebabkan semua cerita kurang rinci dalam mendeskripsikan latar tempat sehingga latar suasana tidak muncul dalam cerita. Berdasarkan simpulan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut.Pertama bagi guru. Hasil penelitian ini dapat dijadikanrefleksi dalam pembelajaran menulis cerita yang sudah dilakukan. Untuk pembelajaran menulis cerita berikutnya guru dapat memperbaiki strategi/metode pembelajaran yang memaksimalkan hasil pembelajaran menulis cerita.Kedua bagi peneliti lain.Hendaknya dikembangkan menjadi penelitian tindakan kelas yaitu mencari strategi/ model/ media pembelajaran yang dapat meningkatkan keruntutan dan kreativitas siswa SD dalam menulis cerita anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9487

Actions (login required)

View Item View Item