Muatan nilai pendidikan karakter tokoh Indrajit dalam lakon Ramayana versi Jawa Timuran / Astrid Wangsagirindra Pudjastawa - Repositori Universitas Negeri Malang

Muatan nilai pendidikan karakter tokoh Indrajit dalam lakon Ramayana versi Jawa Timuran / Astrid Wangsagirindra Pudjastawa

Pudjastawa, Astrid Wangsagirindra (2016) Muatan nilai pendidikan karakter tokoh Indrajit dalam lakon Ramayana versi Jawa Timuran / Astrid Wangsagirindra Pudjastawa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pudjastawa Astrid Wangsagirindra. 2015. Muatan Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Indrajid Dalam Lakon Ramayana versi Jawa Timuran. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Maryaeni M. Pd. (II) Dra. Hj. Ida Lestari M. Si. Kata kunci nilai pendidikan karakter Indrajit ramayana Jawa-Timuran Muatan pendidikan karakter pada lakon Ramayana versi Jawa Timurandapat berfungsi sebagai sarana media pembelajaran karakter bagi siswa. Tokoh Indrajit yang diposisikan sebagai tokoh antagonis ternyata saat meninggal jenazahnya mendapat perlakuan khusus dengan cara dirukti. Selain itu salah satu bagian dari cerita tentang kehidupannya dijadikan suluk oleh para dalang. Dengan diungkapnya muatan pendidikan karakter pada tokoh Indrajit dalam babon lakon Ramayana dapat mengetahui tentang maksud perlakuan khusus pada tokoh Indrajit dan kemungkinan munculnya muatan pendidikan yang dapat sebagai contoh perilaku positif sesuai dengan pendidikan karakter menurut UU Nomor 20 Tahun 2003. Penelitian yang dilakukan bertujuan mengetahui apakah ada muatan pendidikan karakter tokoh Indrajit dalam babon lakon Ramayana versi Jawa Timuran. Subyek penelitian adalah buku Layang Kandha Kelir yang merupakan babon lakon wayang purwa versi Jawa Timuran. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode Hermeunetik atau tafsir sastra . Berdasarkan permasalahan penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa penggambaran tokoh Indrajit dalam balungan lakon terkait materi pendidikan karakter dapat digolongkan berdasarkan riwayat hidup menjadi (1) masa kecil (2) masa remaja dan (3) masa dewasa. Muatan nilai pendidikan karakter tokoh Indrajit dalam balungan lakon sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2003 tentang pendidikan karakter yang dijabarkan dalam 18 poin nilai pendidikan karakter. Tokoh Indrajit dapat dijadikan suri tauladan dalam bersikap sesuai dengan harapan UU Nomor 23 Tahun 2003. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9485

Actions (login required)

View Item View Item