Kemampuan menulis teks Laporan Hasil Observasi (LHO) siswa kelas X SMKN 2 Malang / Keirila Ade Ariyadini - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis teks Laporan Hasil Observasi (LHO) siswa kelas X SMKN 2 Malang / Keirila Ade Ariyadini

Ariyadini, Keirila Ade (2016) Kemampuan menulis teks Laporan Hasil Observasi (LHO) siswa kelas X SMKN 2 Malang / Keirila Ade Ariyadini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariyandini Keirila Ade. 2016. Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMKN 2 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Roekhan M. Pd (II) Prof. Dr. Heri Suwignyo M. Pd. Kata kunci kemampuan menulis teks laporan hasil observasi (LHO). Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Menulis adalah keterampilan berbahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi tidak langsung yang berfungsi untuk mengekspresikan atau menuangkan pikiran perasaan dan kemampuan secara sistematis dan logis dalam bentuk tulisan sehingga dapat dibaca dan dipahami. Kemampuan atau keterampilan hanya dapat diperoleh dan dikuasai dengan jalan praktik dan banyak berlatih.Proses latihan menulis tersebut dapat dilakukan baik secara formal maupun non formal.Latihan secara formal dapat dilakukan salah satunya melalui pendidikan di sekolah.Pembelajaran menulis merupakan salah satu pembelajaran yang memerlukan perhatian khusus karena menulis membutuhkan proses berpikir maka dari itu pembelajaran menulis diajarkan pada tiap jenjang pendidikan dengan harapan siswa dapat berpikir secara kritis dan kreatif.Salah satu jenjang pendidikan yang mengajarkan materi mengenai menulis adalah di SMA/SMK/MA.Salah satu teks yang membutuhkan pemikiran kritis dan kreatif adalah teks Laporan Hasil Observasi (LHO).Teks LHO merupakan teks yang ditulis berdasarkan hasil observasi terlebih dahulu. Menulis teks LHO membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif karena pada teks ini siswa harus bisa mengembangkan hasilpengamatannya menjadi sebuah teks yang mengandung informasi bagi pembaca.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan siswa menulis teks LHO dilihat dari aspek isi (2) bagaimana kemampuan siswa menulis teks LHO dilihat dari aspek struktur dan (3) bagaimana kemampuan siswa menulis teks LHO dilihat dari aspek bahasa. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Malang pada bulan Maret 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) perintah menulis dan (2) rubrik penilaian teks LHO. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik penskoran skala 4. Skor 4 siswa berada pada kualifikasi sangat mampu skor 3 siswa dalam kualifikasi mampu skor 2 pada kualifikasi kurang mampu skor 1 pada kualifikasi belum mampu. Hasil penelitian ini dilihat dari tiga aspek. Pertama siswa kelas X SMKN 2 Malang telah mampu menulis teks LHO dilihat dari aspek isi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mampu menulis teks LHO yaitu 83 3%. Kedua siswa kelas X SMKN 2 Malang kurang mampu menulis teks LHO dilihat dari aspek struktur dengan siswa yang mampu menulis teks LHOhanya sebanyak 57 8%. Ketiga siswa kelas X SMKN 2 Malang kurang mampu menulis teks LHO dilihat dari aspek bahasa karena persentase siswa yang mampu hanya sebanyak 52 2%. Secara keseluruhan aspek siswa kelas X SMKN 2 malang masih kurang mampu menulis teks LHO. Hal tersebut dapat diketahui dari mean yaitu 71 2 modus 84 5 dan median 71 6.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9484

Actions (login required)

View Item View Item