Asesmen pembelajaran teks cerpen dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 siswa SMP Negeri 21 Malang / Mochammad Dwi Ashari - Repositori Universitas Negeri Malang

Asesmen pembelajaran teks cerpen dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 siswa SMP Negeri 21 Malang / Mochammad Dwi Ashari

Ashari, Mochammad Dwi (2016) Asesmen pembelajaran teks cerpen dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 siswa SMP Negeri 21 Malang / Mochammad Dwi Ashari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ashari Mochammad Dwi. 2014. Asesmen Pembelajaran Teks Cerpen dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Siswa SMP Negeri 21 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (II) Dr. Sunoto M.Pd. Kata Kunci asesmen pembelajaran teks cerpen asesmen pembelajaran kurikulum2013 Asesmen atau penilaian merupakan suatu alat atau proses yang digunakan untuk mengetahui rekam jejak proses atau perkembangan kegiatan belajar siswa. Asesmen atau penilaian dalam suatu pembelajaran sangat diperlukan baik penilaian proses maupun penilaian hasil. Instrumen asesmen mempunyai fungsi atau peran yang sangat vital yakni sebagai alat ukur tingkat keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Ada tiga ranah dalam kegiatan asesmen atau penilaian pada kurikulum 2013 yakni ranah sikap pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan asesmen atau penilaian yang digunakan pada pembelajaran teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan dan penyelesaian. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru. Data dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan proses pembelajaran. Data tersebut kemudian dianalisis untuk menjelaskan fokus penelitian. Fokus penelitian ini adalah perencanaan dan pelaksanaan penilaian ranah sikap ranah pengetahuan dan ranah keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada dua tahap asesmen pembelajaran teks cerpen yakni perencanaan dan pelaksanaan asesmen pembelajaran teks cerpen. Pada tahap perencanaan terdapat beberapa hasil diantaranya (1) asesmen pada ranah sikap dilakukan dengan menggunakan teknik non-tes yakni observasi dan ada lembar observasi. Pada lembar observasi terdapat rubrik dan deskriptor penilaian. Lembar observasi disertakan dengan skor penilaian dengan rentang skor 1 4. (2) asesmen pada ranah pengetahuan dilakukan dengan menggunakan teknik tes bentuknya uraian. Rubrik penilaian yang digunakan dalam ranah pengetahuan terdapat aspek-aspek dari indikator pencapaian. Penilaian pada ranah pengetahuan dengan menggunakan rentang skor 3 dan 5. (3) penilaian pada ranah keterampilan menggunakan teknik tes dan non-tes yakni proyek. Rubrik penilaian yang digunakan pada ranah keterampilan terdapat aspek-aspek indikator pencapaian. Penilaian pada ranah keterampilan menggunakan rentang skor 3 dan 5. Pada tahap pelaksanaan ditemukan bahwa kegiatan asesmen yang dilakukan telah menerapkan asesmen yang telah direncanakan sebelumnya baik pada ranah sikap pengetahuan maupun keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa secara umum asesmen pembelajaran teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang menggunakan teknik tes dan observasi. Alat penilaian yang digunakan adalah lembar observasi dan daftar pertanyaan atau soal. Selain itu juga ada rubrik penilaian yang disertakan dengan skor penilaian. Penelitian yang dihasilkan penelitian ini memberikan manfaat bagi guru peneliti lain dan mahasiswa pendidikan. Bagi guru diharapkan menjalankan RPP sebagai pedoman pembelajaran sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun. Bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian sejenis dengan teks-teks yang lainnya. Bagi mahasiswa pendidikan diharapkan dalam membuat RPP harus benar-benar mempertimbangkan dengan tepat agar tidak terjadi perbedaan ketika menjadi seorang guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9483

Actions (login required)

View Item View Item