Kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Kota Malang / Mohammad Ilham Ar Rozaq - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Kota Malang / Mohammad Ilham Ar Rozaq

Rozaq, Mohammad Ilham Ar (2016) Kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Kota Malang / Mohammad Ilham Ar Rozaq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ar Rozaq Mohammad Ilham. 2014. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Kelas X SMK Negeri 3 Kota Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. (2) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. Kata kunci menulis teks prosedur kompleks Menulis adalah kemampuan menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk disampaikan kepada pembaca. Salah satu kompetensi dasar menulis dalam standar isi bahasa Indonesia kelas X SMK pada Kurikulum 2013 adalah menulis teks prosedur kompleks. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Kota Malang. Kemampuan menulis ini dilihat dari aspek bahasa yang meliputi ejaan pilihan kata keefektifan kalimat dan dari aspek isi yang mencakup kelengkapan struktur isi teks prosedur kompleks yang kemudian akan dinilai secara keseluruhan untuk ditentukan kemampuannya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data penelitian ini berupa skor untuk setiap karangan berdasarkan aspek-aspek penilaian yang sudah ditentukan dalam pedoman penilaian kemudian dari hasil penyekoran tersebut dideskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks. Tulisan hasil karya siswa dari kegiatan menulis teks prosedur kompleks dianalisis dan dinilai berdasarkan pedoman penilaian. Penilaian dilakukan dengan memberikan skor pada setiap aspek yang diteliti. Setelah semua data terkumpul dilakukan analisis data. Analisis data meliputi (1) persiapan (2) tabulasi (3) penilaian dan (4) deskripsi hasil penelitian. Hasil penelitian kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Kota Malang dari rata-rata keseluruhan aspek penilaian siswa kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 3 Kota Malang dapat dikatakan mampu dalam menulis teks prosedur kompleks. Dari aspek bahasa yang meliputi segi penggunaan ejaan yaitu siswa yang mampu menulis teks prosedur kompleks dengan ejaan yang kurang dari 3 kesalahan sebanyak 8 dari 49 siswa atau sebesar 16 4% sedangkan sebanyak 41 siswa atau sebesar 83 6% belum mampu menulis teks prosedur kompleks dengan ejaan yang tepat. Dari segi pilihan kata siswa yang mampu menulis teks prosedur kompleks sebanyak 40 dari 49 siswa atau sebesar 81 6% sedangkan siswa yang belum mampu sebanyak 9 siswa atau sebesar 18 4%. Dari segi keefektifan kalimat siswa yang mampu menulis teks prosedur kompleks sebanyak 47 dari 49 siswa atau sebesar 96% dan sebanyak 2 siswa atau sebesar 4% belum mampu menulis teks prosedur kompleks dengan kalimat yang efektif. Sedangkan penilaian dari aspek isi yang mencakup kelengkapan struktur isi siswa yang mampu menulis teks prosedur kompleks dengan kelengkapan struktur isi yang lengkap sebanyak 43 dari 49 siswa atau sebesar 87 8% dan sebanyak 6 siswa atau 12 2% belum mampu. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diberikan saran kepada tiga pihak yaitu guru bahasa Indonesia siswa dan peneliti lain. Pertama kepada guru bahasa Indonesia SMK Negeri 3 Kota Malang dari hasil temuan ini guru disarankan untuk membiasakan siswa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indoneisa. Saran selanjutnya dalam pembelajaran menulis siswa lebih ditekankan kembali dalam penggunaan ejaan selain itu disarankan kepada guru untuk lebih meningkatkan kualitas menulis siswa. Kedua kepada siswa dari hasil temuan ini siswa disarankan untuk membiasakan diri menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam berkomunikasi. Selain itu disarankan untuk siswa agar lebih memperhatikan penggunaan tata bahasa Indonesia yang baik dalam pelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran menulis. Ketiga kepada peneliti lain dari hasil temuan ini disarankan untuk menjadikan penelitian ini sebagai batu loncatan untuk mengembangkan bahan ajar media pembelajaran atau melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil kegiatan menulis siswa kelas X SMK Negeri 3 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9481

Actions (login required)

View Item View Item