Karakteristik karangan biografi karya siswa SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2014/2015 / Putu Rezha Setiyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik karangan biografi karya siswa SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2014/2015 / Putu Rezha Setiyawan

Setiyawan, Putu Rezha (2016) Karakteristik karangan biografi karya siswa SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2014/2015 / Putu Rezha Setiyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiyawan P.R. 2015.Karakteristik Karangan Biografi Karya Siswa SMA Laboratorium UM Tahun Ajaran 2014/2015.Skripsi JurusanSastra Indonesia FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (II)Drs. DwiSaksomo. M.Si. Kata Kunci struktur teks biografi ciri bahasa teks biografi siswakelas XI SMA Laboratorium UM Teks biografi merupakan teks yang menceritakan perjalanan hidup seseorang meliputi latar belakang keluarga dan pendidikan tempat dan tanggal lahir prestasi dan pencapaian yang diraih dengan ketentuan ditulis oleh orang lain. Menulis teks biografi merupakan kegiatan yang membuat penulis lebih mengenal sosok tokoh yang akan ditulis pencapaian dan prestasi yang digapai tokoh. Berkaitan dengan ini penulis membuat penelitian dengan judul Karakteristik Karangan Biografi Karya Siswa SMA Laboratorium UM Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan karakteristik karangan biografi karya siswa kelas XI SMA Laboratorium UM yang pertama ialah struktur isi teks biografi yang meliputi orientasi urutan peristiwa dan reorientasi kemudian yang kedua ialah ciri bahasa teks biografi yang meliputi konjungsi intrakalimat dan antarkalimat pronomina kalimat simplek kata penunjuk dan diksi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan struktur teks dan ciri bahasa teks diperoleh dari 20 siswa XI-IPS 1 dan 20 siswa XI-IPA 3. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan dalam beberapa tahap yaitu (1) identifikasi data (2) klasifikasi data (3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut terdapat dua kesimpulan. Kesimpulan pertama yaitu struktur teks seluruh siswa mampu menuliskan orientasi dengan benar meliputi latar belakang tempat dan tanggal lahir urutan peristiwa banyak yang kurang diceritakan secara mendetail terakhir pada reorientasi hanya sedikit yang menyajikannyakarena tahapan ini merupakan pilihan. Kesimpulan kedua yaitu ciri bahasa teks konjungsi antarkalimat dan intrakalimat sudah bervariasi penulisan pronomina bervariasi dengan banyaknya acuan yang dipakai penulisan kalimat simplek ditambahkan dengan keterangan tempat atau waktu penulisan kata penunjuk kejadian kurang maksimal karena tidak lengkapnya unsur kata penunjuk yang ditulis diksi yang dipakai sudah bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9480

Actions (login required)

View Item View Item