Pendidikan karakter pada buku teks bahasa Indonesia kelas X SMA dalam konteks implementasi kurikulum 2013 / Khurrotun A'yuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter pada buku teks bahasa Indonesia kelas X SMA dalam konteks implementasi kurikulum 2013 / Khurrotun A'yuni

A'yuni, Khurrotun (2016) Pendidikan karakter pada buku teks bahasa Indonesia kelas X SMA dalam konteks implementasi kurikulum 2013 / Khurrotun A'yuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK A yuni Khurrotun. 2015. Pendidikan Karakter pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X SMA dalam Konteks Implementasi Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Widodo Hs M.Pd (II) Dewi Pusposari S.Pd M.Pd. Kata Kunci pendidikan karakter buku teks kurikulum 2013 Pendidikan karakter merupakan salah satu komponen yang wajib diterapkan di sekolah. Salah satu pelajaran yang mengusung pendidikan karakter adalah Bahasa Indonesia. Buku teks Bahasa Indonesia sebagai salah satu alat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia juga memiliki peran penting dalam penyampaian pendidikan karakter pada siswa di sekolah. Penelitian terkait dengan pendidikan karakter dalam buku teks kelas X SMA masih minim sehingga diperlukan pembahasan mengenai pendidikan karakter dalam buku teks kelas X SMA tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal yaitu bentuk pendidikan karakter yang muncul dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA sebaran pendidikan karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA dan konteks yang melatari pendidikan karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa deskripsi bentuk sebaran dan konteks yang memunculkan pendidikan karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti dan lembar observasi berupa tabel pengumpul data yang disusun berdasarkan fokus penelitian. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap menghimpun memahami menginterpretasi menyimpulkan dan memverifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama bentuk pendidikan karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA muncul dalam 17 bentuk karakter utama. Ketujuh belas bentuk karakter yang muncul berdasarkan jumlah temuan dalam buku teks yaitu disiplin kreatif gemar membaca rasa ingin tahu toleransi bersahabat/komunikatif cinta tanah air menghargai prestasi jujur kerja keras demokratis peduli lingkungan mandiri peduli sosial tanggung jawab religius dan semangat kebangsaan. Bentuk karakter yang tidak muncul adalah cinta damai. Kedua sebaran pendidikan karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA terbagi dalam delapan bagian. Sebaran pendidikan karakter berdasarkan frekuensi kemunculan pendidikan karakter dalam buku teks yaitu tugas pengantar teks nonsastra subsubjudul bab subjudul bab judul bab pengayaan dan teks sastra. Ketiga konteks yang memunculkan pendidikan karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA terwadahi pada pemberian tugas peristiwa yang terjadi dalam teks cerita dalam pengantar dan perintah dalam tiap bagian bab. Berdasarkan temuan di atas maka saran/rekomendasi yang diajukan dirumuskan sebagai berikut. Bagi guru disarankan untuk memaksimalkan 17 karakter yang ada dalam buku teks pada siswa. Ketidakmunculan satu karakter dapat disiasati guru dengan memberikan tambahan teks atau tugas pada siswa. Meskipun kemunculan karakter masih kurang seimbang buku ini adalah buku yang baik untuk digunakan guru sebagai buku acuan dalam penanaman pendidikan karakter untuk siswa kelas X SMA. Bagi penulis atau penyusun buku teks disarankan untuk memperhatikan proporsi bentuk karakter sehingga keseluruhan bentuk karakter dapat dimunculkan dalam buku teks. Telaah terhadap buku teks ini menghasilkan sebaran pendidikan karakter yang kurang seimbang sehingga penulis buku diharapkan dapat mengukur penyeimbangan karakter pada tiap bagian buku. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian sejenis dengan memerhatikan proporsi bentuk karakter penyeimbangan dalam sebaran dan kesesuaian konteks. Selain itu peneliti lain juga dapat melakukan penelitian terkait pendidikan karakter pada buku teks di tingkat pendidikan yang lain seperti SD SMP atau Perguruan Tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9469

Actions (login required)

View Item View Item