Pengembangan bahan ajar menyusun teks cerita prosedur untuk siswa SMP / Claudia Bunga Kasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menyusun teks cerita prosedur untuk siswa SMP / Claudia Bunga Kasih

Kasih, Claudia Bunga (2016) Pengembangan bahan ajar menyusun teks cerita prosedur untuk siswa SMP / Claudia Bunga Kasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kasih Claudia Bunga. 2015. PengembanganBahan Ajar MenyusunTeksCeritaProseduruntukSiswa SMP. Skripsi JurusanSastra Indonesia FakultasSastraUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. YuniPratiwi M.Pd (2) Dra. Ida Lestari M. Si. Kata kunci bahan ajar teksceritaprosedur gambar siswa SMP Menyusunteksceritaprosedurmerupakansalahsatukompetensidasar yang harusdikuasaisiswa SMP kelas VIII.Menyusunteksceritaprosedurdapatdilaksanakandengankegiatanmenulis.Denganmenulis siswadapatmenghasilkanteksceritaprosedur yang dapatdimanfaatkandalamkehidupansehari-hari.Padapembelajaranmenyusunteksceritaprosedur bahan ajar merupakaninstrumenutama yang dibutuhkan.Akan tetapi banyakbukupaketsiswa yang memilikibeberapakekurangan baikdarisegiisi sajian bahasa sertatampilan. Hal inimembuat proses belajarsiswakurangefektifkarenakurangmengatasimaterisecaramendalam. Olehkarenaitu diperlukanadanyabahan ajar yang layakdariaspekisi sajian bahasa sertatampilanuntukpembelajaranmenyusunteksceritaprosedurdenganmemanfaatkan media gambarprosedur. Tujuanumumpenelitianiniadalahmenghasilkanbahan ajar menyusunteksceritaprosedur.Adapuntujuankhususnyayaitumenghasilkanbahan ajar menyusunteksceritaprosedursebagaiberikut (1)menghasilkanbahan ajar dengankelayakanisi (2) menghasilkanbahan ajar dengankelayakanpenyajian (3) menghasilkanbahan ajar dengankelayakanbahasa dan (4) menghasilkanbahan ajar dengankelayakantampilan. Penelitianinimenggunakan model pengembangan Dick dan Carey yang dimodifikasidenganlangkahberikut (1) tahapprapengembangan (2) tahappengembanganproduk (3) tahapujicobaproduk dan (4) tahappascapengembangan (revisi).Ujiprodukdilaksanakandenganbeberapatahap yaitu (1) ujiahlimenulisteksBahasa Indonesia (2) ujiahlipembelajaranmenyusunteksceritaprosedur (3) ujipraktisi guru Bahasa Indonesia (4) ujilapangandengansiswaKelas VIII SMPK Budi Mulia. Jenis data penelitianiniyaitu data kualitatifdan data kuantitatif.HasilujidenganahlimenulisteksBahasa Indonesia memperolehpersentase 81 2% danprodukdinyatakanlayakdandiimplementasikan. Hasilujidenganahlipembelajaranmenulisteksceritaprosedurmemperolehpersentase87 5% danprodukdinyatakansangatlayakdandiimplementasikan. Hasilujidenganpraktisimemperolehpersentase 77 5danprodukdinyatakanlayakdandiimplementasikan. Hasilujilapanganmemperolehpersentase 88 7danprodukdinyatakansangatlayakdandiimplementasikan. Berdasarkankomentardan sarandariahlidanpraktisiadabeberapabagianbahan ajar yang harusdiperbaiki yaitu (1) referensicontohteks (2) ukurangambar (3) penomorandaftarisi (4) warnalatar (5) model huruf miring (italic) dangarisbawah (underline) dan (6) pemenggalanteks. Referensicontohteksharusdicantumkansecararinci.Ukurangambar penomorandaftarisi model huruf danwarnalatarharusdisesuaikan. Pemenggalanteksdilakukanuntukmenyatukantekssecaratepat. Produkbahan ajar yang telahdikembangkandandirevisimemilikikriteriasebagaiberikut. Isi bahan ajar meliputi (1) materipengenalanhakikatteksceritaprosedur yang singkat (2) langkah-langkahmenulisteksceritaprosedurdisajikandengantahapan yang jelas (3) langkah-langkahmenelaahdanmerevisiteksceritaprosedur dan (4) latihan-latihan yang disajikanmemudahkansiswadalam proses menulisdanmerevisiteksceritaprosedur. Penyajianbahan ajar meliputi (1) materi contoh danlatihan yang disusnsecarasistematis (2) penyajiandanpembahasanmengembangkanketerampilan proses.Bahasabahan ajar yang digunakanmeliputi (1) kekomunikatifandalampenyampaianmateridanlatihandan (2) tidakmengandungmaknaganda.Tampilanbahanajarmeliputi (1) tampilanmenarikuntukmenarikminatsiswadalam proses pembelajaran (2) sajiangambarprosedur yang menarik dan (3) pemilihanilustrasi gambar danjenishuruf yang menarik. Simpulanpenelitianpengembanganiniadalahbahan ajar menyusunteksceritaproseduruntuksiswakelas VIII SMP dinyatakansangatlayakdariunsurisi sajian bahasa dantampilandandapatdiimplementasikandalampembelajaranmenyusunteksceritaprosedur. Pemanfaatanprodukbahan ajar ini guru disarankanuntukmenggunakanbahan ajar inipadapembelajaranmenyusunteksceritaprosedurkarenabahan ajar inidapatmemudahkan guru dalammemberikanpenjelasanmengenaitahapan-tahapanmenulisteksceritaprosedursecaratepat.Siswadisarankanmenggunakanbahan ajar inisebagaitambahanreferensibuku ajar menyusunteksceritaproseduruntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajar.Peneliti lain disarankanuntukmengikutilangkah-langkahpengembanganuntukkompetensi lain. Penyebaran produk dilakukan dengan penyebaran artikel ilmiah yang dilaksanakan dan dikoordinasi oleh Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dengan memanfaatkan media internet. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9466

Actions (login required)

View Item View Item