Analisis kesalahan berbahasa teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Islam Ma'arif 02 Malang / Aning Verawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan berbahasa teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Islam Ma'arif 02 Malang / Aning Verawati

Verawati, Aning (2016) Analisis kesalahan berbahasa teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Islam Ma'arif 02 Malang / Aning Verawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Verawati Aning. 2015. Analisis Kesalahan Berbahasa Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Islam Ma arif 02 Malang.Skripsi JurusanSastra Indonesia FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd. (II) Dewi Pusposari S.Pd. M.Pd. Kata kunci analisis kesalahan berbahasa teks eksplanasi keterampilan menulis Salah satuketerampilanmenulis yang diajarkandalampembelajaranBahasa Indonesia kelas VII SMP berdasarkanKurikulum 2013 adalahmenulistekseksplanasi. Tekseksplanasiberisi bagaimanaataumengapasuatu peristiwa dapat terjadi. Gagasan pada teks dapat dipahami jika teks memiliki keterbacaan tinggi. Tingkat keterbacaan suatu teks dapat diidentifikasi melalui ketepatan pengembangan paragraf kalimat pilihan kata serta ejaannya. Hal ini disebabkan paragraf yang benar kalimat yang efektif pilihan kata yang tepat dan ejaan yang tepat membuat pembaca mudah memahami gagasan yang diungkapkan penulis. Kesalahan berbahasa menyebabkan teks tidak memiliki keterbacaan yang tinggi. Kesalahan berbahasa ditandai dengan penyimpanganpemakaianbentuk-bentuktuturanberbagai unit kebahasaan yang meliputi kata kalimat danparagrafdarisistemkaidahbahasa Indonesia baku sertapemakaianejaandantandabaca yang telahditetapkansebagaimanaditetapkandalambukuEjaanBahasa Indonesia yang Disempurnakan. Oleh karena itu agar siswa nantinya dapat menghasilkan tulisan yangmemiliki tingkat keterbacaan tinggi perlu dilakukan analisis kesalahan berbahasa. Analisis kesalahan berbahasa bertujuan mengidentifikasi kesalahan kebahasaan yang terdapat pada teks-teks siswa. Berdasarkan kesalahan-kesalahan kebahasaanyang teridentifikasi dilakukan usaha perbaikan agar pada kegiatan menulis selanjutnya kemampuan berbahasa siswa meningkat dan mampu menghasilkan teks yang memiliki keterbacaan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan berbahasa yang terdapat pada teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Islam Ma arif 02 Malang yang meliputi (1) kesalahan pengembangan paragraf (2) kesalahan pengembangan kalimat (3) kesalahan pilihan kata dan (4) kesalahan ejaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain analisis dokumen. Data penelitian ini berupa (1) kesalahan pengembangan paragraf (2) kesalahan pengembangan kalimat (3) kesalahan pilihan kata dan (4) kesalahan ejaan.Sumber data penelitianiniadalahteks eksplanasi karya siswa kelas VII SMP Islam Ma arif 02 Malang.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikdokumentasi. Instrumenutamaadalahpenelitisendiri sedangkaninstrumenpendukung yang digunakanberupatabelkodifikasi sumber data tabel panduan analisis data dan tabel sajian data.Kegiatananalisisdata meliputi identifikasi data klasifikasi data kodifikasi data interpretasi data danpenyajian data.Pengecekankeabsahan data dilakukan dengan(1) ketekunanpengamatan (2) triangulasikepakaran dan (3) diskusikesejawatan. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh empat hasil penelitian. Pertama kesalahanpengembanganparagraf meliputi kesalahankesatuangagasanparagraf akibatadanyaduaataulebihgagasanpokokdalamsatuparagraf kesalahankesetalianbentuk paragrafakibatkesalahanpenggunaanpirantikohesigramatikalreferensidemonstrativadanpirantikohesigramatikalkonjungsi kesalahankesetalianmaknaparagraf akibatadanyagagasan yang menyimpangdarigagasanutama dan kesalahankelengkapanparagrafakibatparagrafhanyamemuatsatukalimat.Kedua kesalahanpengembangankalimatmeliputi kesalahankelengkapankalimatakibatkalimattidakmemuatunsursubjekatau predikat serta kesalahankehematankalimatkarenapenggunaan kata bersinonimdalamsatukalimatdanpemborosanbentuksuperlatif.Ketiga kesalahanpilihan kata meliputi kesalahanpilihan kata/istilahakibattidakcermatmemilih kata/istilah yang sesuaikontekskalimat serta kesalahanpilihanbentukan kata akibat kesalahanpenulisan bentukan kata yang tidaksesuaidengankaidahpembentukan kata. Keempat kesalahanejaanmeliputi(1) kesalahanpemakaianhurufkapital (2) kesalahanpenulisan kata depan (3) kesalahanpenulisanbentukulang (4) kesalahanpenggunaantandatitik (5) kesalahanpenggunaantandakoma (6) kesalahanpenggunaantandahubung (7) kesalahanpenggunaantandapetiktunggal dan(8) kesalahanpenggunaantandakurung. Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan dua saran. Pertama siswasebaiknyalebihaktifmemahamikaidah-kaidahpenulisanbahasa Indonesia yang bakukarenatidaksemuakaidahbahasa Indonesia dapatdisampaikan di sekolah. Kedua gurudiharapkanlebihmemerhatikanketepatanpenggunaankaidahbahasa Indonesia yang benar pada hasil tulisan siswa baik pada teks eksplanasi maupun teks lain. Jikaditemukankesalahan yang banyakdilakukanolehsiswa makaperludilakukanusaha perbaikandenganmemberikanmateritentangkaidah-kaidahbahasa Indonesia yang benar khususnyabahasatulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9461

Actions (login required)

View Item View Item