Asmarahadi, Atria Dicky (2016) Peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII-G SMP Negeri 4 Malang dengan menggunakan metode ITOP (Ingat, Tulis, Olah, Perbaiki) / Atria Dicky Asmarahadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Asmarahadi Atria Dicky. 2014. Peningkatan kemampuan menulis puisi Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 4 Malang dengan menggunakan metode ITOP (Ingat Tulis Olah Perbaiki). Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (II) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis pembelajaran menulis puisi metode ITOP Puisi merupakan bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan struktur fisik dan struktur batin. Menulis puisi juga melibatkan proses kreatif yang di dalamnya terkandung kemampuan mengembangkan imajinasi emosi dan kemampuan mengolah kata. Kemampuan menulis merupakan bentuk kreativitas yang unggul yang membedakan manusia dengan mahluk lain. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan peningkatan proses dan hasil kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang dengan menggunakan metode ITOP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Malang tahun ajaran 2013-2014. Sumber data penelitian ini adalah puisi hasil karya siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui empat teknik yaitu (1) wawancara (2) observasi (3) panduan analisis dokumen dan (4) tes tulis. Peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas VIII untuk mengetahui permasalahan yang dialami siswa pada pembelajaran menulis puisi dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini berupa peningkatan kemampuan proses dan hasil menulis puisi siswa kelas VIII-G SMP Negeri 4 Malang. Proses menulis puisi oleh siswa pada studi pendahuluan ke siklus I dan siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Selama proses pembelajaran menulis puisi siklus I terdapat 19 siswa belum mengikuti pembelajaran dengan baik dengan mendapat kategori cukup. Pada proses pembelajaran pada siklus II terdapat peningkatan terhadap jumlah siswa yang mendapatkan kategori sangat baik yaitu sebanyak 20 siswa. Siswa yang mendapatkan kategori baik yaitu sebanyak 19 siswa. Secara keseluruhan proses pembelajaran menulis puisi siswa dengan metode ITOP sudah sangat baik dan sesuai rencana atau lebih baik dibandingkan dengan siklus I. Hasil menulis puisi pada siklus I kemampuan rata-rata siswa dalam menulis puisi pada aspek diksi rima larik dan amanat/pesan sudah menunjukkan peningkatan namun belum mampu memenuhi KKM (75). Pada siklus II rata-rata kemampuan menulis puisi siswa sudah mengalami peningkatan dibandingkan siklus I. Pada siklus I rata-rata kemampuan siswa dalam menulis puisi yaitu sebesar 65 97% sedangkan pada siklus II rata-rata kemampuan siswa meningkat menjadi 83 79%. Saran penelitian ditujukan bagi siswa guru dan peneliti selanjutnya. Siswa disarankan untuk memperkaya wawasan melalui kegiatan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode ITOP. Selain itu siswa disarankan untuk menggunakan metode lain sebagai referensi belajar mengenai menulis puisi. Guru disarankan menggunakan metode ITOP dalam proses pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis puisi pada aspek diksi rima larik dan amanat. Selain itu guru juga disarankan menggunakan metode lain yang lebih bermanfaat dan menyenangkan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa serta dapat meningkatkan mutu pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini sebaiknya dijadikan sebagai referensi dalam penelitian selanjutnya karena dapat memberikan pengalaman baru dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran menulis puisi dan mengembangkan ke arah yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9457 |
Actions (login required)
View Item |