Huda, Ariffa Husrul (2015) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran menulis teks prosedur kompleks untuk SMA kelas X / Ariffa Husnul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Huda Ariffa Husnul. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks untuk SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. (II) Dr. Gatut Susanto M.M. M.Pd. Kata Kunci multimedia interaktif menulis teks prosedur kompleks Teknologi di Indonesia berkembang begitu pesat. Akan tetapi perkembangan teknologi tersebut tidak banyak dimanfaatkan dalam pembelajaran. Padahal terdapat teknologi yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.Salah satu jenis media pembelajaran yang dalam pengoperasiannya memanfaatkan kecanggihan teknologi adalah multimedia interaktif. Pada kehidupan sehari-hari tentunya siswa tidak terlepas dari penggunaan teknologi. Pada penggunaan teknologi tersebut diperlukan langkah-langkah dalam pengoperasiannya. Siswa menerapkan salah satu jenis teks dalam penggunaan teknologi tersebut yakni teks prosedur. Teks prosedur berisi langkah-langkah melakukan sesuatu. Apabila dalam langkah-langkah tersebut terdapat sublangkah atau keterangan yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan maka disebut dengan teks prosedur kompleks. Dikaitkan dengan dunia pembelajaran bahasa Indonesia pembelajaran mengenai teks prosedur kompleks pada kurikulum 2013 terdapat pada jenjang SMA dan sederajat kelas X. Pada kurikulum tersebut siswa diharapkan mampu menulis teks prosedur kompleks. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas X SMAN 3 Bangkalan proses pembelajaran menulis teks prosedur kompleks di sekolah tersebut masih konvensional. Siswa tampak bosan dan kurang bersemangat. Oleh sebab itu guru perlu melakukan inovasi untuk menarik minat dan motivasi siswa dalam kegiatan belajar. Media pembelajaran menulis teks prosedur kompleks berbasis multimedia interaktif bisa menjadi salah satu cara untuk membangkitkan minat dan motivasi siswa serta membuat pembelajaran menjadi inovatif.Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan tersebut peneliti mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran menulis teks prosedur kompleks karena belum ada di lapangan dan keberadaannya dibutuhkan untuk penunjang proses pembelajaran menulis teks prosedur kompleks. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan multimedia interaktif pembelajaran menulis teks prosedur kompleks yang layak dari segi isi bahasa dan tampilan untuk siswa SMA kelas X. Prosedur penelitian dalam pengembangan multimedia interaktif pembelajaran menulis teks prosedur kompleks ini menggunakan prosedur Plomp yang disederhanakan menjadi empat fase yakni (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi dan (4) fase tes evaluasi dan revisi. Fase kelima dalam prosedur Plomp yakni fase implementasi tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu dan biaya serta perlunya kajian yang lebih mendalam untuk eksperimen lebih lanjut. Pengembangan multimedia interaktif ini membutuhkan uji kelayakan. Uji kelayakan produk diujikan kepada ahli media pembelajaran ahli pembelajaran guru Bahasa Indonesia kelas X SMAN 3 Bangkalan dan siswa SMA kelas X IPS 4 SMAN 3 Bangkalan sebanyak 25siswa. Kelayakan produk dilihat dari tigaaspek yakni aspek isi bahasa dan tampilan. Pada aspek isi memperoleh persentase kelayakanmencapai 88 5%/. Pada aspek bahasa memperoleh persentase kelayakan mencapai 91 8%. Pada aspek tampilan memperoleh persentase kelayakan mencapai86 12%. Perolehan persentase pada setiap aspek tersebut menunjukkan produk ini sangat layak dan bisa diimplementasikan. Produk Multimedia Interaktif Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks untuk SMA Kelas Xini bisa dimanfaatkan oleh guru Bahasa Indonesia siswa dan peneliti lain. Pertama guru bisa menggunakan produk tersebutuntuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran menulis teks prosedur kompleks. Kedua produk tersebut bisa dimanfaatkan siswa untuk dijadikan sumber belajar selain buku teks pelajaran dan bisa menggunakannya secara mandiri. Ketiga produk tersebut bisa dimanfaatkan oleh peneliti lain untuk dijadikan bahan referensi dan bandingan dalam mengembangkan multimedia interaktif selanjutnya. Produk multimedia interaktif ini bisa disebarluaskan melalui forum MGMP jurnal penelitian dan kepada sesama mahasiswa.Produk ini masih belum sempurna dan perlu perbaikan. Pengembang lain diharapkan untuk mengujicobakan produk ke subjek yang lebih besar lagi dan juga menguji keefektifan produk karena dalam penelitian ini hanya sebatas mengembangkan produk yang diujicobakan kepada kelompok terbatas. Pengembang produk lebih lanjut hendaknya memperhatikan beberapa hal antara lain (1) alokasi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk (2) keterampilan pengembang dan (3) peralatan saat pembuatan produk maupun peralatan yang dibutuhkan saat uji coba dilaksanakan. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9454 |
Actions (login required)
View Item |