Validasi media VCD pembelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pasar kelas III di SDN II Sumbersari Malang / Etis Megasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Validasi media VCD pembelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pasar kelas III di SDN II Sumbersari Malang / Etis Megasari

Etis, Etis (2010) Validasi media VCD pembelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pasar kelas III di SDN II Sumbersari Malang / Etis Megasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Megasari Etis. 2009. Validasi Media VCD Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Jenis-Jenis Pasar Kelas III Di SDN II Sumbersari Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Manan M.pd. dan (2) Dr A.J.E Toenlioe Kata kunci Validasi Media VCD Pembelajaran IPS. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini menuntut dunia pendidikan untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan atau menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang paling efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. VCD Pembelajaran merupakan salah satu alternatif media yang dapat membantu guru dalam proses penyampaian materi pembelajaran kepada siswa karena mampu menyajikan pesan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Berdasarkan observasi di SDN II Sumbersari Malang dalam pembelajaran selama ini hanya menngunakan pembelajaran konvensional. Jadi guru belum pernah menggunakan media sehingga siswa kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan alternative pemecahan masalah yaitu penggunaan media pembelajaran berupa VCD yang dapat membantu siswa dalam proses belajar. Media VCD pembelajaran yang akan digunakan tidak dapat langsung dimanfaatkan dalam pembelajaran perlu dilakukan kegiatan validasi untuk menentukan tingkat kelayakan atau kevalidan media VCD pembelajaran pada ahli materi ahli media dan siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli materi ahli media dan siswa. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan SKM (Standart Ketuntasan Mengajar). VCD Pembelajaran ini berisi tentang materi pembelajaran yang disajikan dengan gambar visual bergerak yang dilengkapi dengan suara dan musik yang menarik. Data yang diperoleh dari 22 orang dengan rincian satu ahli materi satu ahli media dan 20 orang siswa kelas III SDN II Sumbersari yang diambil sebagai subjek total. Jenis penelitian ini deskriptif sedangkan jenis datanya adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yaitu dari hasil uji kelayakan oleh ahli materi ahli media dan audiens. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dari ahli materi keseluruhan mencapai 82 5. termasuk dalam kategori valid. Ahli materi keseluruhan mencapai 75. termasuk dalam kategori cukup valid. Audiens keseluruhan mencapai skor 91. skor ini termasuk dalam kategori valid. Dari pengolahan data tabel juga terlihat peningkatan persentase siswa yang memenuhi SKM ( 8805 70). Sebelum penggunaan media VCD pembelajaran persentase jumlah siswa yang memenuhi SKM sebesar 60 % menjadi 100 % setelah siswa menggunakan media VCD pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validasi media VCD Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan efektif digunakan sebagai salah satu media pembelajaran karena telah diuji oleh ahli materi ahli media serta audiens dengan kriteria valid dan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran karena isi materi sesuai dengan RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item