Pembelajaran menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Ferina Desuatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Ferina Desuatin

Desuatin, Ferina (2015) Pembelajaran menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang / Ferina Desuatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Desuatin Ferina. 2015. Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. (2) Indra Suherjanto S.Pd. M.Sn. Kata Kunci Pembelajaran menulis menulis teks teks Ulasan Pembelajaran menulis teks ulasan merupakan salah satu kompetensi baru dalam penerapan Kurikulum 2013 sehingga masih sedikit penelitian yang terkait dengan pembelajaran menulis teks ulasan. Meskipun teks ulasan bukan merupakan teks baru dan dikenal dengan nama resensi akan tetapi dalam pembelajaran Kurikulum 2013 penyajiannya berbeda dengan pembelajaran resensi di Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 tersebut maka dilakukan penelitian dengan judul Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan penilaian dalam pembelajaran menulis teks ulasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan dekriptif. Data penelitian ini berupa perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Data perencanaan berupa teks yaitu komponen-komponen rencana pelaksanaan pembelajaran. Data pelaksanaan berupa data verbal yang berisi informasi mengenai aktivitas kegiatan belajar mengajar pada kegiatan awal inti dan akhir. Data penilaian berupa angka dan data verbal berisi catatan hasil nilai yang dihasilkan dari pembelajaran menulis teks ulasan perangkat evaluasi dan informasi mengenai jenis dan pedoman penilaian serta tuturan pendidik yang dilaksanaan pada saat interaksi di kelas dalam melakukan penilaian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumen observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrumen kunci pedoman wawancara pedoman analisis data pedoman observasi pelaksanaan dan penilaian serta alat bantu rekam yang berupa kamera digital. Untuk menjaga kebahsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data dengan sumber metode dan teori. Kegiatan analisis data dimulai dengan reduksi data penyajian data dan penyimpulan data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga hasil penelitian sebagai berikut. Pertama perencanaan pembelajaran menggambarkan proses guru dalam menyusun RPP yaitu berpedoman pada KI dan KD. Identitas yang dituliskan dalam RPP sudah ditulis dengan lengkap. Alokasi waktu yang direncanakan disesuaikan dengan alokasi mata pelajaran. Kompetensi Inti ditulis sesuai dengan Permendikbud kompetensi dasar berisi kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa indikator telah memuat aspek yang harus diukur akan tetapi kurang dijelaskan secara spesifik. Tujuan dan metode pembelajaran masih dicantumkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga tidak sesuai dengan Kurikulum 2013. Materi yang direncanakan memuat fakta konsep dan prosedur yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Media yang dicantumkan oleh pendidik tidak dapat menjadi perantara penyampaian materi pembelajaran. rencana kegiatan pembelajaran yang dicantumkan pendidik terdiri dari kegiatan awal inti dan akhir. Rencana penilaian terdiri dari penilaian proses dan penilaian hasil yang dilakukan dengan teknik dan instrument yang dilengkapi dengan kriteria dan deskriptor penilaian. RPP yang disusun oleh guru terdapat upaya untuk menumbuhkan KI 1 membentuk KI 2 mengembangkan KI 3 dan mengaktifkan KI 4. Selain itu RPP yang disusun oleh guru menerapkan pendekatan saintifik berupa aktivitas membentuk jejaring mengamati menanya mencoba menalar mengumpulkan informasi dan mengomunikasikan. Kedua deskripsi pelaksanaan yaitu pada kegiatan awal pendidik tidak melakukan aktivitas penyampaian lingkup materi dan teknik penilaian yang akan dilakukan. Pada kegiatan inti terjadi aktivitas pengaturan pola duduk peserta didik menyanyi bersama agar peserta didik tidak jenuh penggunaan model diskusi untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan tugas pendidik memberikan penjelasan dan bimbingan kepada peserta didik pendidik menggunakan media berupa teks ulasan dan lembar kerja siswa tanpa menggunakan media lainnya dan aktivitas pendidik memberikan penguatan dengan penghargaan dan menegur siswa yang mengganggu berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Pada kegiatan penutup pendidik menyampaikan rencana kegiatan tindak lanjut tanpa melakukan refleksi dan penyimpulan pembelajaran. Dalam pelaksanaan terjadi upaya untuk menumbuhkan KI-1 sikap religius KI-2 sikap sosial KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajaran juga terjadi pengimplementasian metode saintifik yaitu membentuk jejaring mengamati menanya mencoba menalar mengumpulkan informasi menganalisis mencipta dan mengomunikasikan. Ketiga deskripsi penilaian. Pendidik melakukan penilaian proses dan penilaian hasil. Pada penilaian proses pendidik menggunakan teknik observasi dan instrumen yang berupa lembar observasi. Hal yang dinilai dalam penilaian proses yaitu santun jujur dan percaya diri. Pada penilaian hasil pendidik melakukan penilaian dengan teknik produk dan menggunakan instrumen yang berupa rubrik penilaian. Hal yang dinilai dalam penilaian hasil meliputi isi organisasi kalimat pilihan kata ejaaan dan tanda baca. Pengonversian nilai pada penilaian proses yang dilakukan oleh guru tidak sesuai dengan Permendikbud No 104 Tahun 2013. Pengonversian nilai pada penilaian hasil sesuai dengan Permendikbud No 104 Tahun 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9449

Actions (login required)

View Item View Item