Fatimah, Firdauzia Nur (2015) Penanda kohesi dalam teks biografi karya siswa kelas VIII SMP / Firdauzia Nur Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fatimah Firdauzia Nur. 2015. Penanda Kohesi dalam Teks Biografi Karya Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd (II) Dr. Widodo Hs M.Pd. Kata Kunci penanda kohesi teks biografi Perubahaan kurikulum dari KTSP 2006 menjadi Kurikulum 2013 menimbulkan perubahan susunan materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Susunan materi tersebut diubah menjadi berbasis teks. Teks yang diajarkan pada kurikulum 2013 terdiri dari lima macam teks dalam setiap jenjang. Jenjang yang dipilih untuk penelitian yakni kelas VIII. Teks yang diteliti adalah teks biografi. Penelitian difokuskan pada (1) penanda kohesi gramatikal dan (2) penanda kohesi leksikal. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan adalah studi dokumentasi. Data penelitian ini berwujud penanda kohesi gramatikal dan leksikal yang ada dalam teks biografi karya siswa. Sumber data berupa teks biografi siswa kelas VIII C SMP Negeri 4 Malang. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proses reduksi data dilakukan dengan tiga tahap yaitu seleksi klasifikasi dan kodifikasi. Kriteria reduksi data meliputi (1) ada identitas siswa (2) ada tokoh yang dibiografikan (3) ada judul teks biografi (4) ada penanda gramatikal dan (5) ada penanda leksikal. Setelah itu data diberi kode tertentu. Kode yang digunakan adalah (1) kode nomor setiap siswa (2) kode urutan nomor data dan (3) kode klasifikasi penanda kohesi yang telah dibuat. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian berikut. Pertama penanda gramatikal yang ditemukan adalah gramatikal referensi substitusi dan konjungsi. Penanda referensi dikelompokkan menjadi referensi personal demonstrativa dan komparatif. Penanda referensi yang banyak ditemukan adalah referensi personal. Penanda substitusi yang ditemukan adalah substitusi nominal dan verbal. Penanda konjungsi yang banyak ditemukan adalah konjungsi temporal dan konjungsi penambahan. Bukti bahwa gramatikal konjungsi paling banyak ditemukan yakni jumlah penanda konjungsi 161 data penanda referensi berjumlah 145 data dan penanda substitusi berjumlah 16 data. Kedua unsur penanda kohesi leksikal yang ditemukan adalah penanda kohesi leksikal pengulangan (repetisi) dan kolokasi. Penanda leksikal pengulangan yang paling banyak ditemukan dalam teks biografi adalah pengulangan penuh. Untuk penanda leksikal kolokasi tidak terlalu banyak ditemukan. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penanda leksikal yang ditemukan terdiri atas penanda kohesi leksikal pengulangan (repetisi) berjumlah 39 data dan unsur penanda kohesi leksikal kolokasi berjumlah 2 data. Dari temuan penelitian yang telah dipaparkan dapat disimpulkan sebagai berikut. Penanda kohesi gramatikal elipsis tidak ditemukan dalam teks biografi Penanda kohesi leksikal pengulangan dikelompokkan lagi menjadi pengulangan penuh bentuk lain dan hiponim. Penanda kohesi leksikal yang banyak digunakan adalah pengulangan penuh. Pengulangan bentuk lain juga cukup banyak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9448 |
Actions (login required)
View Item |