Yuliawati, Eva (2015) Pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Garum / Eva Yuliawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuliawati Eva. 2015. Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Garum. Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nurchasanah M. Pd (2) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. Kata Kunci menulis pembelajaran teks eksplanasi Penelitian pembelajaran menulis teks eksplanasi dilakukan karena pembelajaran tersebut merupakan kompetensi pada Kurikulum 2013 sehingga saat ini masih sedikit dilakukan penelitiannya. Kompetensi tersebut bertujuan agar siswa mampu menulis teks eksplanasi dengan sistematika dan bahasa yang benar.Adapuntujuanpenelitianiniadalahuntuk mendapatkan deskripsi ilmiah tentang perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajarantersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Data penelitian berupa (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) (2) pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas guru aktivitas siswa interaksi guru dengan siswa dan interkasi siswa dengan siswa dan (3) pelaksanaan penilaian yang terdiri atas penilaian proses dan penilaian hasil.Hasil penelitianini berupa deskripsi perencanaan pelaksanaan dan penilaianpembelajaran. Deskripsi perencanaanhasilpenelitian menggambarkan proses guru dalam menyusun RPP yaitu berpedoman pada silabus kemudian melihat kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD). Berdasarkan KI dan KD guru merumuskan indikator yang lebih terperinci. Setelah indikator dirumuskan barulah guru menyusun tujuan pembelajaran materi pembelajaran pendekatan dan metode pembelajaran media pembelajaran sumber belajar kegiatan pembelajaranserta penilaian. PadaRPP yang disusun guru terdapat upaya mewujudkan KI-1 KI-2 dan KI-4. Selain itu RPP yang disusun oleh guru menerapkan pendekatan saintifik berupa aktivitas mengamati menanya mengumpulkan data mengasosiasi dan mengomunikasikan. Hasil penelitian berupa deskripsi pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat aktivitas guru yang mengarahkan siswa untuk mengamati gambar peristiwa alam mengarahkan siswa membuat kerangka karangan teks eksplanasi secara individu menjawab pertanyaan siswa seputar langkah-langkah menyusun teks eksplanasi. Aktivitas siswa berupa mengamati gambar membuat kerangka karangan membacakan kerangka karangan danmengembangkan kerangka karangan menjadi teks eksplanasi yang utuh. Pada pelaksanaan pembelajaranguru menerapkan pendekatan saintifik berupa aktivitas mengamati menanya mengumpulkan data mengasosiasi dan mengomunikasikan. Deskripsi penilaiandarihasilpenelitianmenunjukkan bahwa guru menggunakan penilaian sikap dan penilaian keterampilan yang berpedoman pada Kurikulum 2013. Penilaian sikap yang dilakukan guru berpedoman pada lembar observasi dan dilengkapi dengan kriteria dan deskriptor. Aspek yang dinilaidalampenilaiansikap yaitu sikap religius sikap menghargai sikap jujur dan sikap kreatif. Penilaian keterampilan digunakan guru untuk menilai hasil karangan teks eksplanasi dengan menggunakan tes unjuk kerja (fortofolio). Pada penilaian keterampilan guru berpedoman pada rubrik penilaian yang dilengkapi kriteria dan deskriptor. Aspek yang dinilai dalam penilaian keterampilan meliputi ketepatan menentukan ide pokok ketepatan isi dan penggunaan bahasa pada bagian pernyataan umum ketepatan isi dan penggunaan bahasa pada bagian deretan penjelas ketepatan isi dan penggunaan bahasa pada bagian interpretasi dan ketepatan tanda baca/ejaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9445 |
Actions (login required)
View Item |