Kemampuan nanopartikel magnetit terlapis karboksimetil kappa-karagenan untuk mengadsorpsi ion kromium(III) dan nikel(II) pada variasi derajat keasaman (pH) dan waktu kontak adsorpsi / Rohima Nostia

Nostia, Rohima (2019) Kemampuan nanopartikel magnetit terlapis karboksimetil kappa-karagenan untuk mengadsorpsi ion kromium(III) dan nikel(II) pada variasi derajat keasaman (pH) dan waktu kontak adsorpsi / Rohima Nostia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nostia, Rohima. 2019. Kemampuan Nanomagnetit terlapis Karboksimetil kappa-Karagenan (CMKC) untuk Mengadsorpsi Ion Cr(III) dan Ni(II) pada Variasi pH dan Waktu Kontak, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Irma Kartika Kusumaningrum, S.Si., M.Si. (II) Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Nanomagnetit, CMKC, adsorpsi, desorpsi, prekonsentrasi, ion logam Penentuan kadar ion Cr(III) dan Ni(II) dalam kadar rendah sering diperlukan dalam pekerjaan pemantauan kualitas air. Ion Cr(III) dan Ni(II) merupakan logam yang memiliki ambang batas sangat kecil di dalam air, sehingga perlu dilakukan pemantauan kadar ion Cr(III) dan Ni(II) secara akurat. Metode prekonsentrasi ion logam merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan konsentrasi sampel, salah satu metode prekonsentrasi yang dikembangkan adalah prekonsentrasi dengan nanomagnetit terlapis karboksimetil kappa-karagenan secara adsorpsi dan desorpsi. Nanomagnetit dapat mengikat ion logam karena sifat magnetisnya. Namun, nanomagnetit mudah membentuk aglomerat, untuk mengatasi hal tersebut adalah melapisi permukaan dengan karboksimetil kappa-karagenan (CMKC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi pH dan waktu kontak terhadap kemampuan nanomagnetit terlapis karboksimetil kappa-karagenan untuk mengadsorpsi ion Cr(III) dan Ni(II). Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap sintesis karboksimetil kappa-karagenan, sintesis magnetit, sintesis nanomagnetit terlapis karboksimetil kappa-karagenan, proses adsorpsi dan desorpsi ion Cr(III) dan Ni(II) dengan pengaruh variasi pH 3, 5, 7 pada waktu kontak 40 menit, dan pengaruh variasi waktu kontak adsorpsi pada pH optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sintesis ini digunakan untuk mengadsorpsi ion Cr(III) dan Ni(II) dengan karakterisasi FTIR, XRD, SEM, dan VSM. Parameter yang berpengaruh adalah pH dan waktu kontak. pH optimal yang dilakukan pada waktu kontak 40 menit dihasilkan ion Cr(III) dan Ni(II) pada pH 7, sedangkan waktu kontak adsorpsi optimal yang dilakukan pada pH optimal dihasilkan waktu kontak ion Cr(III) dan Ni(II) dapat dicapai pada waktu kontak 40, 60 menit, efektifitas adsorpsi sebesar ion Cr(III) sebesar 99,97%, dan ion Ni(II) sebesar 99,72% , efektifitas desorpsi ion Cr(III) sebesar 90,27%, dan ion Ni(II) sebesar 25,84%, dan efektifitas prekonsentrasi ion Cr(III) sebesar 450,10%, dan ion Ni(II) sebesar 129,18%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/94404

Actions (login required)

View Item View Item