Teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Yuli Andari Syamsiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Yuli Andari Syamsiati

Syamsiati, Yuli Andari (2015) Teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Yuli Andari Syamsiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syamsiati Y.A. 2015. Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd (II) Dr. Sunaryo HS. S.H. M.Hum Kata Kunci teks deskripsi menulis pancaindra. Teks deskripsi salah satu teks yang diajarkan pada Kurikulum 2013 teks tersebut sudah ada pada kurikulum sebelumnya sehingga teks deskripsi dianggap penting. Teks deskripsi merupakan tulisan yang memaparkan suatu objek tertentu berdasarkan pancaindra (penglihatan penciuman pendengaran peraba dan perasa) yang bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat mencium mendengar meraba dan merasakan objek yang dipaparkan. Pembelajaran teks deskripsi diajarkan di SMP Negeri 9 Malang agar siswa dapat menggambarkan suatu objek dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan struktur kesatuan dan pengembangan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa kata-kata yang membentuk teks deskripsi siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan berupa tugas menulis karangan deskripsi dengan objek yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang mampu menulis deskripsi bagian berdasarkan pancaindra (penglihatan penciuman pendengaran peraba dan perasa). Kesatuan teks deskripsi dapat diukur melalui hubungan antara judul kalimat topik deskripsi dan simpulan. Judul teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang terlalu umum sehingga kurang cocok sebagai judul sebuah teks deskripsi. Ada enam menuliskan judul dengan tepat. Kalimat topik dalam karangan siswa disampaikan secara singkat dan jelas. Siswa menulis deskripsi berdasarkan pancaindra (melihat mendengar mencium meraba dan merasa). Simpulan teks deksripsi siswa berupa deskripsi bagian. Pengembangan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Malang dideskripsikan secara ekspositoris yaitu mendeskripsikan suatu objek secara faktual. Peneliti mengajukan saran kepada tiga pihak yaitu guru siswa dan peneliti lain. Bagi guru disarankan untuk menyampaikan materi teks deskripsi dengan contoh langsung di sekitar lingkungan sekolah agar siswa lebih mudah memahami. Guru disarankan untuk sering memberikan tugas secara terbimbing agar siswa bisa menulis karangan teks deskripsi dengan benar. Bagi siswa disarankan untuk banyak membaca dan berlatih menulis agar mempunyai banyak pengalaman memperkaya pembendaharaan kosakata dan memperoleh banyak referensi. Bagi peneliti lain yang ingin meneliti dengan topik yang sama disarankan dapat menggunakan jenis penelitian yang lain misalnya menggunakan penelitian kuantitatif. Jika menggunakan penelitian kualitatif peneliti menyarankan untuk meneliti berdasarkan kesalahan ejaan tanda baca dan ciri bahasa siswa dalam teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9440

Actions (login required)

View Item View Item