Adsorpsi Alkil 2.3-diaminopropanoat pada permukaan kuarsa menggunakan Molecular Mechanics (MM) dan Density Functional Theory (DFT) / Rr. Dewi Ayu Anjani

Anjani, Rr. Dewi Ayu (2019) Adsorpsi Alkil 2.3-diaminopropanoat pada permukaan kuarsa menggunakan Molecular Mechanics (MM) dan Density Functional Theory (DFT) / Rr. Dewi Ayu Anjani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anjani, Rr. Dewi Ayu. 2019. Adsorpsi Alkil 2,3-diaminopropanoat pada Permukaan Kuarsa Menggunakan Molecular Mechanics (MM) dan Density Functional Theory (DFT), Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yahmin, S.Pd., M.Si. (II) Dr. Adilah Aliyatulmuna, S.T, M.T. Kata Kunci: Kuarsa, ester diamina, adsorpsi, DFT, MM Kuarsa merupakan salah satu mineral dari silika yang sering digunakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Namun, keberadaan kuarsa yang umumnya ditemukan sebagai gangue pada bijih mineral lain, menyebabkan perlunya suatu metode pemisahan yang efektif untuk memisahkan kuarsa dari bijih mineral lain. Salah satu metode pemisahan yang sering digunakan yaitu flotasi, yaitu pemisahan yang dilakukan dengan merubah sifat permukaan dari mineral menggunakan kolektor. Pada flotasi kuarsa, kolektor yang umumnya digunakan berasal dari golongan amina dan turunannya dan pada penelitian ini, kolektor yang digunakan adalah senyawa ester diamina, yaitu alkil 2,3-diaminopropanoat. Sebelum dilakukan secara eksperimen, adsorpsi yang terjadi pada permukaan kuarsa dapat disimulasikan terlebih dahulu menggunakan metode pendekatan komputasi sehingga dapat dipelajari fenomena adsorpsi yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan simulasi komputasi pada adsorpsi alkil 2,3-diaminopropanoat pada permukaan kuarsa menggunakan metode MM dan DFT serta mengamati pengaruh dari panjang cabang alkil yang divariasi sebanyak 10, 12, 14, 16, dan 18 rantai karbon, serta muatan yang dimiliki oleh alkil 2,3-diaminopropanoat terhadap kekuatan adsorpsinya pada permukaan kuarsa. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap persiapan file input, optimasi struktur kuarsa, penentuan nilai pKa serta optimasi struktur alkil 2,3-diaminopropanoat, dan penentuan energi adsorpsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh muatan alkil 2,3-diaminopropanoat terhadap adsorpsinya pada permukaan kuarsa memberikan hasil bahwa terjadi peningkatan energi adsorpsi seiring dengan bertambahnya muatan. Selain itu, hasil dari penentuan pengaruh panjang cabang alkil adalah nilai energi adsorpsi alkil 2,3-diaminopropanoat pada permukaan kuarsa meningkat hingga panjang cabang alkil sebanyak 16 atom karbon dan terjadi penurunan pada cabang alkil dengan 18 atom karbon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/94397

Actions (login required)

View Item View Item