Perbandingan hasil belajar kognitif siswa kelas XI dengan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain (PDEODE*E) pada materi larutan penyangga / Dhika Adhitya Cahya Pratiwi

Pratiwi, Dhika Adhitya Cahya (2019) Perbandingan hasil belajar kognitif siswa kelas XI dengan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain (PDEODE*E) pada materi larutan penyangga / Dhika Adhitya Cahya Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratiwi, Dhika Adhitya Cahya.2019. Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Xi Dengan Model Pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) Dan Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain (PDEODE*E) Pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dra. Siti Marfu’ah, M.S, (II) Herunata, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Model pembelajaran POE, model pembelajaran PDEODE*E, hasil belajar kognitif Pendidikan telah menjadi kebutuhan penting bagi setiap negara. Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan bertujuan membentuk karakter siswa yang aktif dalam memecahkan masalah. Salah satu pendukung utama pembelajaran adalah model pembelajaran. Berdasarkan Permendikbud No.22 Tahun 2016, pembelajaran Scientifiec, dapat membentuk karakter siswa yang aktif seperti model pembelajaran POE dan PDEODE*E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) dengan Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain (PDEODE*E). Penelitian dilaksanakan di SMA N 2 Ponorogo. Bentuk penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 7. Kelas XI MIPA 3 merupakan kelas kontrol yang dibelajarkan model pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE) dan kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 7 yang dibelajarkan dengan model Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain (PDEODE*E). Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Nilai prestest kelas kontrol dan eksperimen digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan awal antara kedua kelas tersebut. Nilai posttest digunakan untuk mengetahui lebih tinggi mana hasil belajar kognitif yang menggunakan model Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain (PDEODE*E) atau yang menggunakan model pembelajaran Predict- Observe-Explain (POE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kelas yang menggunakan model Predict- Observe-Explain (POE) sebesar 97,5% dan kelas yang menggunakan model Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain (PDEODE*E) sebesar 95%. Keterlaksanaan pembelajaran pada kedua kelas termasuk kategori sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explore-Explain (PDEODE*E) lebih tinggi dari pada yang menggunakan model Predict- Observe-Explain (POE). Rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen adalah 76 sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif kelas kontrol adalah 70. Hasil penelitian ini diperkuat dengan hasil perhitungan one tailed t test yang menunjukkan bahwa dan thitung > ttabel dengan nilai thitung sebesar 2,129 dan nilai ttabel sebesar1,669.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/94396

Actions (login required)

View Item View Item