Isolasi, identifikasi, dan uji aktivitas (in vitro dan in silico) isolat flavonoid dari daun tin (Ficus carica L.) sebagai inhibitor lipase pankreas / Gain Indah Purnamasari

Purnamasari, Gain Indah (2019) Isolasi, identifikasi, dan uji aktivitas (in vitro dan in silico) isolat flavonoid dari daun tin (Ficus carica L.) sebagai inhibitor lipase pankreas / Gain Indah Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RANGKUMAN Purnamasari, G.I. 2019. Isolasi, Identifikasi dan Uji Aktivitas (In Vitro dan In Silico) Isolat Flavonoid dari Daun Tin (Ficus carica L.) Sebagai Inhibitor Lipase Pankreas. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Subandi, M.Si., (II) Rini Retnosari, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Flavonoid daun tin, Inhibitor lipase pankreas, Luteolin, Orlistat. Tanaman Tin/ara (Ficus carica L.) adalah tumbuhan khas Timur Tengah yang mulai dibudidayakan di Indonesia. Salah satu metabolit sekunder yang terkandung di dalam tanaman tin adalah flavonoid, yang berpotensi sebagai inhibitor lipase pankreas. Penghambatan penyerapan lemak oleh lipase pankreas dapat menurunkan berat badan seseorang. Obesitas terjadi karena adanya penimbunan lemak tubuh secara berlebih di dalam tubuh. Obesitas dapat menjadi penyebab penyakit serius yaitu jantung koroner, diabetes mellitus dan hipertensi. Masalah inilah yang dapat mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai senyawa flavonoid yang berasal dari daun tin dan dapat bertindak sebagai inhibitor lipase pankreas. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitan ini ialah mengetahui jenis flavonoid yang ada daun tin, seberapa besar daya inhibisi secara in vitro isolat flavonoid terhadap Orlistat, serta menunjukkan profil inhibisi melalui metode in silico. Penelitian terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) penyiapan sampel serbuk daun tin, (2) ekstraksi, isolasi, dan uji fitokimia flavonoid, (3) identifikasi isolat flavonoid dengan spektroskopi UV-Vis, FT-IR, dan LC-MS/MS, (4) uji aktivitas inhibisi terhadap lipase pankreas secara in vitro, (5) analisis in silico dengan teknik docking menggunakan flavonoid yang teridentifikasi sebagai ligan terhadap lipase pankreas sebagai reseptor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam ekstrak etanol daun tin telah berhasil diisolasi beberapa jenis flavonoid yang semuanya mempunyai daya inhibisi terhadap lipase pankreas yang lebih tinggi dibanding Orlistat. Isolat flavonoid dengan daya inhibisi tertinggi (31 kali orlistat pada massa yang sama), mengandung flavonoid jenis luteolin. Analisis in silico terhadap luteolin, menunjukkan bahwa senyawa ini mempunyai posisi pengikatan yang berbeda dengan orlistat terhadap enzim lipase pankreas, dan mempunyai binding affinity yang lebih besar dibandingkan orlistat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/94393

Actions (login required)

View Item View Item