Preparasi, karakterisasi, dan uji aktivitas katalis Ni-Cu/zeolit alam teraktivasi asam sebagai katalis pada pembuatan biodiesel dari minyak biji kapuk / Mentari Fatma Lutvitasari

Lutvitasari, Mentari Fatma (2019) Preparasi, karakterisasi, dan uji aktivitas katalis Ni-Cu/zeolit alam teraktivasi asam sebagai katalis pada pembuatan biodiesel dari minyak biji kapuk / Mentari Fatma Lutvitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lutvitasari, M.F. 2019. Preparasi, Karakterisasi, dan Uji Aktivitas Katalis Ni- Cu/Zeolit Alam teraktivasi Asam sebagai Katalis Pada Pembuatan Biodiesel dari Minyak Biji Kapuk. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ridwan Joharmawan, M.Si, (II) Dr. Sumari, M.Si Kata kunci : katalis, zeolit, Ni-Cu/ Zeolit Aktif, biodiesel, minyak biji kapuk Minyak bumi merupakan sumber untuk pemenuhan energi keberlanjutan pembangunan ekonomi secara global. Kebutuhan bahan bakar semakin meningkat. Untuk mengurangi permasalah kebutuhan minyak bumi yang semakin menurun perlu adanya bahan-bahan alternatif yang tergiatkan, seperti gas alam, tenaga surya, maupun biomassa. Bahan bakar yang dapat diperbaharui seperti minyak nabati, salah satunya biji kapuk yang dapat digunakan sebagai biodiesel. Proses pembuatan biodiesel dapat dipercepat dengan menggunakan katalis dari zeolite melalui reaksi transterifikasi. Katalis yang digunakan yaitu logam Ni-Cu/zeolit teraktivasi asam diharapkan logam Ni-Cu dapat menghasilkan % yield pada biodiesel yang besar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mempreparasi katalis Ni-Cu/Zeolit alam teraktivasi asam dengan cara impregnasi logam nikel dan tembaga, pada zeolit aktif dan pembuatan biodiesel dari biji kapuk, karakterisasi katalis Ni-Cu/Zeolit aktif dengan metode BET, metode adsorpsi ammonia dan metode AAS serta melakukan uji aktivitas dari Ni-Cu/zeolit sebagai katalis dalam pembuatan biodiesel dari minyak biji kapuk. Metode penelitian terdiri dari beberapa tahap yakni (1) preparasi katalis dengan zeolit yang diaktivasi oleh asam dan impregnasi logam Ni dan Cu ke dalam zeolit aktif dengan variasi perbandingan persen massa Ni:Cu dalam zeolit yakni 5%:5%, 5%:7%, dan 7%:5%, (2) karakterisasi zeolit aktif dan katalis Ni-Cu/Zeolit Alam, (3) uji aktivitas katalis pada biodiesel dari minyak biji kapuk. Zeolit diaktivasi dengan menggunakan larutan HF, HCl, dan NH4Cl. Katalis dianalisis dengan menggunakan AAS untuk menentukan rasio Si/Al katalis Ni-Cu/Zeolit Aktif, menggunakan metode BET untuk menganalisis luas permukaan, volume total pori dan jari-jari rerata pori, serta menggunakan metode adsorpsi untuk mengukur keasaman katalis. Katalis Ni-Cu/Zeolit berupa butiran berwarna putih berukuran 50 mesh. Hasil karakterisasi BET menunjukkan luas permukaan dari katalis Ni- Cu57/ZAk 179,099 m2/g, sedangkan hasil dari karakterisasi AAS menunjukkan hasil persen adsorpsi logam nikel terbesar terletak pada katalis Ni-Cu57/ZAk yakni sebesar 99,030%, sedangkan adsorpsi tembaga terbesar sama terdapat pada katalis Ni-Cu57/ZAk yakni sebesar 84,170%. Untuk uji keasaman terbesar pada katalis Ni-Cu75/ZAk yakni sebesar 1,3238. Pada hasil XRD menunjukkan bahwa zeolit alam merupakan zeolit jenis mordenit. Untuk % yield sebesar 20,3941 terletak pada katalis Ni-Cu75/ZAk sedangkan pada uji viskositas yang terbesar pada katalis Ni-Cu75/ZAk yakini sebesar 0,0108 cSt.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/94391

Actions (login required)

View Item View Item