Isolat TR-10: uji patogenesis dan optimasi suhu serta waktu inkubasi protease dalam mengisolasi kolagen dari sisik ikan bandeng / Nurul Fitria

Fitria, Nurul (2019) Isolat TR-10: uji patogenesis dan optimasi suhu serta waktu inkubasi protease dalam mengisolasi kolagen dari sisik ikan bandeng / Nurul Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitria, Nurul. 2019. Isolat TR-10 : Uji Patogenesis dan Optimasi Suhu serta Waktu Inkubasi Protease dalam Mengisolasi Kolagen dari Sisik Ikan Bandeng . Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Evi Susanti, M.Si, (II) Rini Retnosari, S.Pd., M.Si Kata Kunci : Kolagen , Protease, Isolat TR-10, Sisik Ikan Bandeng, Optimasi. Sisik ikan bandeng dapat dijadikan sebagai sumber alternatif kolagen. Isolasi kolagen dapat dilakukan secara enzimatis menggunakan protease dari isolat TR-10. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sifat patogen protease dari isolat TR-10, mengetahui suhu dan waktu inkubasi optimum protease dari isolat TR-10 dalam mengisolasi kolagen dari sisik ikan bandeng. Penelitian ini bersifat eksperimental laboratoris dan terdiri dari beberapa tahap yaitu menyiapkan sisik ikan bandeng, peremajaan protease dari isolat TR-10, uji patogenesis protease dari isolat TR-10, produksi ekstrak kasar protease dari isolat TR-10, uji aktivitas isolat TR-10, optimasi suhu protease dari isolat TR-10 untuk mengisolasi kolagen dari sisik ikan bandeng menggunakan variasi suhu 4, 25, 30 dan 40ºC serta optimasi waktu inkubasi menggunakan variasi waktu inkubasi selama 6, 18, 24, 30, 36, 42 dan 48 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa protease dari isolat TR-10 tidak bersifat patogen. Suhu optimumnya yaitu 25°C dan waktu inkubasi optimumnya yaitu selama 30 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/94389

Actions (login required)

View Item View Item