Sintesis katalis Ag/zsm-5 dan Ni/zsm-5 berbahan silika lumpur geotermal dengan menggunakan metode hidrotermal / Yuni Auliana Putri

Putri, Yuni Auliana (2019) Sintesis katalis Ag/zsm-5 dan Ni/zsm-5 berbahan silika lumpur geotermal dengan menggunakan metode hidrotermal / Yuni Auliana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri, Yuni Auliana. 2019. Sintesis Katalis Ag/ZSM-5 dan Ni/ZSM-5 Berbahan Silika Lumpur Geotermal dengan Menggunakan Hidrotermal. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sumari, M.Si, Pembimbing (II) Dr. Nazriati, M.Si. Kata kunci : Lumpur Geotermal, ZSM-5, Katalis Ag/ZSM-5 dan Ni/ZSM-5 Salah satu potensi alam Indonesia yaitu panas bumi. Panas bumi di Indonesia telah dimanfaatkan menjadi sumber energi listrik. Pengolahan energi panas bumi menjadi energi listrik menimbulkan permasalahan. Lumpur geotermal yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) Dieng mencapai 165 ton setiap bulannya. Disisi lain, lumpur ini mengandung silikon dioksida dengan kadar yang cukup tinggi yakni mencapai 88 %. Kandungan ini dapat dimanfaatkan menjadi zeolit. Salah satu zeolit yang sering digunakan dalam industri yaitu ZSM-5. ZSM-5 sering dimanfaatkan sebagai katalis karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan zeolit lainnya seperti ketahanan dalam suhu tinggi, bersifat asam dsb. Peranannya sebagai katalis dapat ditingkatkan dengan memodifikasi ZSM-5 melalui proses impregnasi dengan logam Ag dan Ni. Ag/ZSM-5 dan Ni/ZSM-5 banyak digunakan dalam reaksi seperti perengkahan katalitik, pirolisis limbah plastik dsb. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pemanfaatan lumpur geotermal menjadi katalis Ag/ZSM-5 dan Ni/ZSM-5. Penelitian ini bersifat eksperimental laboratoris yang dilakukan dengan beberapa tahapan yakni (1) pemurnian lumpur geothermal dengan menggunakan metode leaching, pengabuan dan sol gel caustic digestion, (2) sintesis dan karakterisasi ZSM-5, (3) sintesis dan karakterisasi katalis Ag/ZSM-5 dan Ni/ZSM-5. Hasil pemurnian lumpur geothermal dengan menggunakan metode leaching, pengabuan dan sol gel caustic digestion menunjukkan kadar SiO2 sebesar 98,9 %. Keberhasilan ZSM-5 yang disintesis dari silika lumpur geotermal ditunjukkan oleh pola difraktogram dengan instrumen XRD. Berdasarkan pola tersebut dapat diketahui bahwa ZSM-5 yang disintesis berfasa kristalin dan adanya kecocokan nilai 2 dan d-spacing ZSM-5 hasil sintesis dengan ZSM-5 standar JCPDS. Ag/ZSM-5 dan Ni/ZSM-5 berhasil disintesis dibuktikan dengan munculnya sudut 14,19o dan 24,6o yang menunjukkan adanya Ag dan sudut 27,8o yang menunjukkan adanya Ni. Persentase kadar Ag dan Ni yang terkandung dalam katalis berturut-turut 42,3 % dan 26,2%. Adanya vibrasi ulur simetri dan asimetri O-T-O (T: Si, Al) pada bilangan gelombang 850-an cm-1 dan 1250-an cm-1 menguatkan dugaan bahwa karakter zeolit ZSM-5 masih terdapat dalam kedua katalis. Morfologi katalis Ag/ZSM-5 dan Ni/ZSM-5 terdapat kemiripan yaitu membentuk suatu agregat dengan sudut yang tajam dan bergerombol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/94388

Actions (login required)

View Item View Item