Adsorpsi logam berat kadmium menggunakan nanokomposit silika aerogel karbon aktif / Galang Ayuz Firstian Adjid - Repositori Universitas Negeri Malang

Adsorpsi logam berat kadmium menggunakan nanokomposit silika aerogel karbon aktif / Galang Ayuz Firstian Adjid

Adjid, Galang Ayuz Firstian (2019) Adsorpsi logam berat kadmium menggunakan nanokomposit silika aerogel karbon aktif / Galang Ayuz Firstian Adjid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adjid GAF. 2019. Adsorpsi Logam Berat Kadmium Menggunakan Nanokomposit Silika Aerogel Karbon Aktif. Chemistry Department Faculty of Mathematics and Natural Sciences Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nazriati M.Si. (II) Dr. Fauziatul Fajaroh M.S. Kata Kunci Adsorspi kadmium kapasitas adsorpsi nanokomposit Kadmium dapat menimbulkan kerusakan lingkungan yang diperoleh dari aktivitas industri dan bersifat toxic bagi makhluk hidup. Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran logam berat kadmium yakni kerusakan ginjal penyakit wilson insomnia asma kronis sakit kepala dan kanker. Pencemaran kadmium dapat dikurangi dengan metode adsorpsi menggunakan adsorben nanokomposit silika aerogel karbon aktif. Nanokomposit disintesis menggunakan teknik sol gel melalui beberapa tahap yaitu hidrolisis kondensasi aging dan pengeringan. Proses adsorpsi kadmium dengan adsorben nanokomposit silika aerogel karbon aktif menggunakan variasi waktu kontak massa adsorben konsentrasi kadmium dan temperatur adsorpsi yang bertujuan untuk mengetahui isoterm kinetika dan termodinamika adsorpsi serta menunjukan keadaan optimum adsorpsi. Penelitian dilakukan dengan tiga tahap yakni sintesis nanokomposit silika aerogel karbon aktif penentuan kapasitas adsorpsi dengan variasi waktu kontak massa adsorben konsentrasi kadmium dan temperatur adsorpsi dan mempelajari kinetika isoterm dan termodinamika adsorpsi kadmium. Keberhasilan sintesis nanokomposit dapat diketahui dengan analisis menggunakan FT-IR yang memberikan gambaran vibrasi dari gugus fungsi siloksan (Si-O-Si) Silanol (Si-OH) dan gugus identik pada karbon aktif.. Kapasitas adsorpsi kadmium oleh nanokomposit silika aerogel karbon aktif pada waktu kontak optimum 90 menit massa adsorben sebesar 0 01 gram dan konsentrasi kadmium 10 mg/L yaitu 21 4805 mg/g. Pengaruh waktu kontak pada proses adsorspsi ditunjukkan dengan semakin lama waktu kontak yang diberikan akan meningkatkan kapasitas adsorpsi sampai pada keadaan setimbang. Kapasitas adsorpsi meningkat seiring meningkatnya temperatur dan konsentrasi kadmium pada adsorpsi kadmium. Pada pengaruh massa adsorben kapasitas adsorpsi akan mengalami penurunan. Adsorpsi kadmium dengan nanokomposit silika aerogel karbon aktif dapat dipelajari dengan model isoterm Freundlich dan kinetika adsorpsi dengan model orde dua semu yang ditunjukan dengan nilai regresi linear sebesar 0 9999. kajian termodinamika adsorpsi menunjukkan nilai 916 Go -7160 60876 kj/mol (45oC) 916 Ho 984 726 J/mol dan 916 So 31 9066 J/mol.K.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/94386

Actions (login required)

View Item View Item