Identifikasi karbofuran pada permukaan tomat dan pengaruh pencucian terhadap kadarnya dengan menggunakan LC-ESI+-QTOF / Fabian Fatmawati

Fatmawati, Fabian (2019) Identifikasi karbofuran pada permukaan tomat dan pengaruh pencucian terhadap kadarnya dengan menggunakan LC-ESI+-QTOF / Fabian Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fatmawati, Fabian. 2019. Identifikasi Pestisida Karbofuran Pada Permukaan Tomat dan Pengaruh Pencucian Terhadap Kadarnya Menggunakan LC-ESI+-QTOF. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Siti Marfuah M.S (2) Azhar Darlan, M.Si. Kata Kunci : ESI+, Karbofuran, LC, Tomat, QTOF Identifikasi pestisida pada saat ini telah berkembang dengan menggunakan beberapa instrumen. Instrumen yang pernah digunakan untuk identifikasi pestisida pada produk pertanian yaitu GC, UV-Vis, dan HPLC. Salah satu contoh pestisida yaitu karbofuran. Karbofuran merupakan golongan karbamat yang memiliki efek samping yaitu menghambat kerja enzim kolonisterase dalam tubuh. Salah satu tanaman yang menggunakan karbofuran untuk memberantas hama adalah tomat. Pada penelitian ini dilakukan identifikasi pestisida karbofuran pada air pencucian tomat menggunakan LC-ESI+-QTOF. Jenis LC yang digunakan adalah UPLC, yang memiliki kelebihan yaitu dapat meminimalisir waktu running yang dibutuhkan. ESI+ merupakan teknik ionisasi yang digunakan pada spektrometer massa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Validasi LC-ESI+-QTOF untuk identifikasi karbofuran (2) Identifikasi karbofuran pada air pencucian tomat menggunakan LC-ESI+-QTOF dengan kondisi yang sudah divalidasi Metode penelitian ini diawali dengan membuat larutan standrat karbofuran dengan berbagai konsentasi. Kemudian dilakukan pencarian kondisi LC-ESI+-QTOF yang dilanjutkan dengan validasi. Uji validasi yang dilakukan yaitu lineritas, akurasi, presisi, LOD, dan LOQ. Tahap yang terakhir yaitu identifikasi karbofuran pada air pencucian tomat menggunakan alat LC-ESI+-QTOF yang sudah divalidasi. Hasil kondisi terbaik dari liquid chromatogram yaitu menggunakan kolom C8 BEH dan fase gerak yang digunakan yaitu air:metanol. Kondisi terbaik dari mass spectrometer yaitu menggunakan collision energy 10 volt. Dari validasi alat, nilai korelasi yang dihasilkan yaitu 0,99, % recovery masing-masing larutan standart karbofuran yang digunakan masuk dalam rentang 70-130%, % RSD yang dihasilkan 1,02%, nilai LOD sebesar 2,13 ppt, dan nilai LOQ sebesar 7,11 ppt. Hasil identifikasi karbofuran pada air pencucian tomat yaitu semakin banyak pencucian yang dilakukan maka kadar karbofuran yang terekstrak semakin kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/94372

Actions (login required)

View Item View Item